Cara Mudah Melakukan Perawatan Rambut Kering dan Mengembang Tanpa Harus ke Salon
Alat Perawatan Rambut (Cotton Bro/Pexels)

Bagikan:

jakarta - Rambut sehat, halus, dan lebat tentu jadi idaman setiap orang. Namun, saat rambut terasa kering ketika disentuh, ini juga akan rapuh dan sulit untuk ditata. Jika tampilan rambut sudah tidak bagus, tentu suasana hati juga dapat terpengaruh.

Memiliki rambut kering bukan berarti Anda memiliki masalah kesehatan atau ada yang salah dengan rambut Anda. Beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, penataan rambut  menggunakan panas, suhu lembap, merokok, dan banyak lagi dapat menyebabkan rambut rusak dan kering.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Bonusnya adalah ini merupakan cara rumahan dimana tidak membutuhkan biaya mahal seperti perawatan di salon.

Mengutip informasi dari laman Healthline, Jumat, 5 Februari, berikut VOI rangkumkan lima perawatan rambut kering dan mengembang yang bisa Anda lakukan di rumah:

Gunting Rambut

Jika rambut Anda terlalu kering, mungkin perlu ditata ulang dalam bentuk potongan baru. Ini dikarenakan ujung rambut bercabang dapat membuat rambut sulit diatur dan membuatnya terasa kering atau kasar.

Anda bisa pergi ke salon untuk mendapatkan potongan yang diinginkan. Jika ingin meminimalisir biaya, Anda juga bisa menggunting sendiri dengan panduan dari video di internet.

Hindari Keramas Setiap Hari

Sampo menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tapi juga mengangkat sebum (minyak alami) pada rambut. Fungsi sebum yaitu dapat membuat rambut lebih mudah dirawat dan jika jumlahnya tepat, bisa membuat rambut berkilau.

Terlalu sering keramas menyebabkan rambut kehilangan sebum sehingga jadi tampak kering. Disarankan untuk keramas setidaknya dua hari sekali. Jika tidak bisa melewatkan satu hari tanpa keramas, lebih baik gunakan sampo khusus untuk rambut kering atau bisa coba produk bayi.

Keringkan Rambut Dengan Kain 

Jika rambut rapuh dan sulit ditata setelah keramas, bisa jadi itu karena kehilangan terlalu banyak kelembapan selama proses pengeringan.

Cobalah membungkus rambut dengan kain atau handuk setelah keramas daripada menggunakan hair dryer sebagai pengering.

Mandi dengan Air Dingin

Air panas untuk mandi juga dapat membuat rambut panas. Mandi air dingin memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Setelah keramas, bilas rambut di bawah air dengan suhu lebih dingin selama satu atau dua menit untuk merevitalisasi helai rambut dan menyegarkan kulit kepalamu.

Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang mengisi celah di helai rambut jika telah rusak oleh panas atau matahari. Menggunakan minyak kelapa pada rambut secara rutin dapat meningkatkan penampilan rambut secara keseluruhan.

Cara menggunakannya yaitu gosokkan sedikit minyak kelapa di sela-sela telapak tangan sebelum mengaplikasikannya. Setelahnya, oleskan dan fokus pada ujung, mahkota kepala, dan akar rambut.