5 Rangsangan Psikologis yang Meningkatkan Hasrat Seksual
Ilustrasi rangsangan psikologis yang meningkatkan hasrat seksual (Freepik/senivpetro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Membuat pasangan bergairah tidak hanya lewat sentuhan fisik. Menurut terapis seks dokter Ian Kerner, banyak orang bergantung pada pengulangan serangkaian perilaku fisik dan mengabaikan rangsangan psikologis. Psikolog berlisensi, dokter Kate Balestrieri menambahkan, bagi banyak wanita memerlukan terhubung dan merasakan aman secara emosional dengan pasangannya. Sehingga sentuhan seringkali muncul setelah mereka merasa aman terlebih dahulu.

Cara Anda memperlakukan pasangan sebelum mulai aktivitas intim di ranjang pun sebenarnya termasuk pemanasan. Saran profesor dan penulis Better Sex Through Mindfulness, Dr. Lori Brotto, ketahui pemicu gairah seksual pasangan Anda. Fokuslah pada visual, pendengaran, dan penciuman. Biasakan memasukkan aspek tersebut sebelum Anda siap melakukan aktivitas seksual bersama pasangan Anda. Ditambah lagi, berikut rangsangan psikologis yang bikin hasrat bercinta pasangan perlahan memuncak.

1. Lakukan aktivitas bersama

Seperti makan malam atau berolahraga bersama dapat dilakukan. Makan malam adalah kesempatan untuk  berbagi ide atau mengemas momen ini sebagai pemanasan sebelum acara utama dimulai. Sedangkan berolahraga bersama, seperti halnya olahraga, seks membuat tubuh bergerak dan jantung berdebat kencang. Maka bisa menggunakan olahraga untuk melepaskan endorfin, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengaktifkan saraf simpatik yang menurut penelitian dapat meningkatkan gairah seksual.

rangsangan psikologis yang meningkatkan hasrat seksual
Ilustrasi rangsangan psikologis yang meningkatkan hasrat seksual (Freepik)

2. Kontak mata berlama-lama

Tatap mata pasangan Anda lebih lama dari biasanya. Kata Kerner, banyak orang dalam suatu hubungan memutuskan kontak mata karena semakin merasa nyaman. Atau sebaliknya, memutus kontak mata karena mungkin ada kebencian memuncak. Artinya, kontak mata adalah upaya terhubung dengan pasangan dan mengkomunikasikan keterbukaan.

3. Mengenang saat-saat seksi bersama pasangan

“Kenanglah saat-saat seksi yang Anda alami bersama,” kata Kerner dilansir Men’s Journal, Rabu, 23 Agustus. Tambahnya lagi, melibatkan pikiran erotis dapat meningkatkan kekuatan gairah psikologis. Dengan persetujuan pasangan, ceritakan padanya fantasi Anda tentang momen intim berdua. Atau sarankan agar masing-masing berbagi fantasi. Kalau pasangan Anda malu, buatlah semenyenangkan mungkin sehingga mudah terbuka.

4. Putar musik untuk membuat pasangan merasa seksi

Anda perlu mencari tahu musik apa yang memungkinkan pasangan lebih merasa rileks dan membuat mereka merasa seksi, saran Balestrieri. Musik mengaktifkan otak kanan, sehingga mengungkapkan emosi dan otak nonverbal serta menciptakan banyak peluang membangkitkan gairah. Jika musik membuat pasangan Anda bangkit dan menari, itu lebih baik.

5. Puji pasangan atas sesuatu yang spesifik

“Wanita ingin merasa diinginkan, jadi beri tahu dia apa yang membuatnya menonjol secara spesifik,” saran Kerner. Misalnya mengatakan bahwa pasangan Anda cantik dan berikan alasannya. Semakin jelas baginya bahwa Anda menginginkannya, dia akan semakin tertarik dan bersemangat dengan Anda.

Itulah kelima rangsangan psikologis yang meningkatkan hasrat seksual pasangan Anda. Di samping penjelasan di atas, memberikan perhatian yang membuat pasangan Anda terkesima juga membuatnya semakin tertarik beraktivitas lebih hangat.