Kabar Duka, Penulis Novel Marga T Meninggal Dunia
Marga T meninggal dunia (Instagram @bukugpu)

Bagikan:

JAKARTA - Dunia literasi Indonesia berduka dengan kehilangan salah satu penulis prolifik terbaiknya. Margaret Caecilia atau lebih dikenal dengan nama Marga T meninggal dunia pada 17 Agustus kemarin.

Kabar tersebut dikonfirmasi lewat unggahan akun Instagram @bukugpu. Diketahui bahwa Marga T meninggal di usianya yang ke-80 tahun.

“Dunia literasi berduka. Salah satu penulis prolifik terbaik yang dimiliki Indonesia-Marga T, berpulang,” tulis akun @bukugpu, dilihat Jumat, 18 Agustus.

“Semoga Bu Marga mendapatkan tempat yang paling baik di kehidupan abadi, dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan keikhlasan,” lanjutnya.

Sepanjang hidupnya, Marga T yang lahir pada 27 Januari 1943 telah melahirkan puluhan novel populer sejak tahun 1970-an. Beberapa karya yang terkenal adalah Karmila dan Badai Pasti Berlalu.

Kualitas karya-karya novel Marga T banyak dinikmati masyarakat Indonesia. Terbukti bahwa banyak dari karyanya yang juga dialihwahanakan menjadi film, sinetron, hingga lagu.

Penulis yang juga berprofesi sebagai dokter itu tidak hanya menulis novel populer yang berlatar belakang dunia kedokteran, ia juga menulis beberapa novel satir dan kumpulan cerpen.

Karya terakhirnya sebelum menghembuskan nafas terakhir adalah sebuah memoar berjudul If Only, dan sebuah kumpulan cerpen berjudul Kenangan Manis Takkan Pernah Habis.

Berkat sumbangsihnya, Marga T dianugerahi Penghargaan Kebudayaan oleh Kemendikbud RI sebagai Pelopor Penulisan Sastra Populer Indonesia pada tahun 2015 lalu.