10 Jenis Penyakit yang Ditandai Bau Mulut
Ilustrasi Bau Mulut (Shvets Productions-Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh kondisi kebersihan yang kurang, namun bisa menandakan sebuah penyakit atau gangguan kesehatan. Ada beberapa jenis penyakit yang ditandai bau mulut. Lalu, apa saja penyakit tersebut?

Jenis Penyakit yang Ditandai Bau Mulut

Dikutip dari situs Mayoclinic, bau mulut memiliki istilah halitosis. Ada banyak hal yang memicu terjadinya halitosis salah satunya adalah penyakit. Penyakit seperti kanker atau gangguan metabolisme dapat menimbulkan bau napas tertentu karena adanya “reaksi kimia” tertentu dalam tubuh. Berikut ini beberapa penyakit yang memicu bau mulut, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Asam Lambung

Asam lambung berlebih memicu bau mulut yang condong ke aroma asam. Hal itu terjadi terutama saat asam lambung naik sampai kerongkongan. Asam lambung itu kemudian memicu bau asam tidak sedap yang keluar dari mulut.

  1. Sinusitis

Penderita sinusitis juga berpotensi mengalami bau mulut. Kondisi itu terjadi terutama saat lendir berbakteri yang ada di hidung turun sampai keroingkongan. Bau mulut penderita sinusitis sangat tidak sedap sehingga mengganggu jika tak segera diatasi.

  1. Radang Gusi

Kesehatan gusi juga dapat memicu bau mulut. Radang gusi sendiri terjadi karena tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut hingga memicu karang gigi. Usahakan untuk menyikat gigi secara teratur dan makan makanan sehat.

  1. Diabetes

Penderita diabetes akan mengalami bau mulut yang cenderung seperti buah. Hal itu terjadi karena insulin yang tak cukup menyerap gula pada darah. Sebagai gantinya, tubuh akan membakar lemak yang menghasilkan asam keton.

  1. Sakit Ginjal

Bau mulut yang dialami penderita sakit ginjal beraroma amis atau seperti urine. Jika ginjal tak bekerja dengan baik, racun tidak bisa dibuang lewat urin namun menyebar ke tubuh. Kondisi itulah yang membuat bau mulut seperti aroma urin atau amis.

  1. Kanker Mulut

Salah satu gejala kanker mulut adalah munculnya luka yang sulit kering atau sembuh. Efeknya, penderita akan sakit pada area mulut. Selain itu penderita akan kesulitan saat menelan makanan. Kondisi itu akan memicu masalah lain yakni bau mulut.

  1. Sindrom Sjogren

Sindrom ini masuk dalam jenis penyakit autoimun. Gejalanya beragam salah satunya adalah bau mulut. Kondisi tersebut tidak bisa diselesaikan secara mandiri, harus konsultasi dengan dokter.

  1. Penyumbatan Usus

Aroma bau mulut yang muncul akibat penyumbatan usus seperti kotoran. Hal itu terjadi lantaran kotoran tidak bisa dikeluarkan dari usus dan menumpuk di titik tertentu. Aroma kotoran itu akan keluar lewat mulut.

  1. Radang Tenggorokan Kronis

Radang tenggorokan kronis juga memicu bau mulut. Saat plak muncul di amandel, area itu akan tertutup bakteri dan berujung pada bau mulut. Ketika hal tersebut terjadi berarti ada infeksi atau radang pada tenggorokan. Bau mulut yang keluar akibat radang ini menyerupai kamper.

  1. Kandidiasis Oral

Kandidiasis oral adalah penyakit yang muncul karena infeksi jamur Candida albicans di area mulut. Penyakit ini biasanya dialami oleh seseorang yang menindik lidah, atau pengguna gigi palsu dan kawat gigi. Adanya jamur tersebut mengganggu kebersihan mulut dan menimbulkan bau.

Itulah informsi tentang jenis penyakit yang ditandai bau mulut. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.