8 Keterampilan yang Perlu Dimiliki sebelum Anak Masuk Sekolah Dasar
Ilustrasi keterampilan yang perlu dimiliki anak sebelum sekolah dasar (Freepik/rawpixel.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebelum anak masuk sekolah dasar, penting bagi orang tua menyiapkan keterampilan yang dimiliki anak. Lebih spesifik lagi, Anda perlu bertanya pada sekolah yang masuk wish list tentang persyaratan masuk. Di samping itu, keterampilan umum juga perlu disiapkan sejak awal. Apa saja keterampilan dasar yang umum butuh dimiliki anak sebelum sekolah dasar? Berikut ini penjelasannya.

1. Mandiri saat buang air di toilet

Pada usia empat tahu, sebagian besar anak mampu mandiri saat buang air, baik buang air kecil maupun buang air besar. Meskipun dalam mendidik keterampilan ini orang tua tak boleh memaksakan, tetapi perlu diajarkan sejak dini. Menurut Lois Haultain, pendidik parenting dilansir Bounty Parents, Selasa, 13 Juni, orang tua harus sangat alami dalam mendidik anak. Dalam arti ortu tak boleh memaksa dan buat anak ketika belajar keterampilan merasa senang. Hindari mengajarkannya sebagai tugas sehingga situasi belajar tetap menyenangkan.

2. Mengenali perasaan

“Membuat anak Anda dapat berbicara tentang perasaan mereka adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan mereka menghadapi interaksi sosial yang akan mereka lakukan di sekolah,” kata Haultain.

keterampilan yang perlu dimiliki anak sebelum sekolah dasar
Ilustrasi keterampilan yang perlu dimiliki anak sebelum sekolah dasar (Freepik/jcomp)

Cara yang terbaik untuk mengajarkannya ialah dengan memberi contoh lewat perilaku orang tua sehari-hari. Orang tua perlu mengatakan ia merasa senang, sedih, atau khawatir sebagai respons atas situasi tertentu. Tetapi penting dicatat, jangan membicarakan hal yang terlalu berat. Artinya, sesuaikan dengan konteks persoalan setara dengan usia anak.

3. Mengenali namanya sendiri

Sementara banyak orang tua khawatir tentang anak kesayangan mereka yang tidak dapat mengeja nama mereka sebelum sekolah, Haultain mengatakan bahwa yang penting adalah kemampuan untuk mengenalinya. Ini terkait dengan rasa kepemilikan dan tanggung jawab. Cara sederhana yang bisa dilakukan, ajari mereka mengeja namanya sendiri. Kemudian buat label pada tas, topi, atau kotak makan siang. Dengan begitu mereka akan mengenalinya, mendapatkan rasa kepemilikan, dan menjaga sebagai tanggung jawab.

4. Bergiliran dan mengantri

Penting bagi orang tua memiliki harapan yang realistis. Termasuk mengimplementasikan konsep bergiliran agar siap secara sosial untuk sekolah nantinya. Konsep bergiliran dan mengantri ini memperkuat keterampilan anak dalam berinteraksi dengan sebayanya.

keterampilan yang perlu dimiliki anak sebelum sekolah dasar
Ilustrasi keterampilan yang perlu dimiliki anak sebelum sekolah dasar (Freepik)

5. Keterampilan kreatif

Keterampilan kreatif pada anak sebelum sekolah dasar berkaitan dengan keterampilan motorik halus. Mereka akan belajar memotong, menempel, menulis, dan menggambar atau mewarnai. Jadi baik untuk mengasah keterampilan kreatif mereka di rumah. Pesan Haultain, anak-anak harus memiliki ruang di rumah di mana mereka dapat berkreasi menggunakan imajinasi mereka.

6. Memiliki rutinitas

Sebagian besar sekolah menjalankan jadwal yang sangat ketat, yang dapat menakutkan bagi beberapa anak kecil jika mereka tidak terbiasa. Haultain mengatakan cara terbaik untuk mempersiapkan anak Anda adalah dengan mengenalkan ide memiliki rutinitas di rumah. Bukan berarti Anda harus menjalankan rumah tangga yang ketat.

“Miliki rutinitas untuk setiap hari, atau bahkan hanya urutan di mana Anda melakukan sesuatu sebelum tidur. Setelah rutinitas benar-benar diketahui, anak dapat melakukannya sendiri tanpa diarahkan, yang sekali lagi membantu keterampilan mandiri mereka,” terang Haultain.

7. Mengenali yang serupa dan berbeda

Keterampilan ini mungkin tak pernah terpikir. Tetapi menurut Haultain, mampu mengenali yang serupa dan berbeda merupakan keterampilan yang perlu dikembangkan. Dengan begitu anak-anak bisa dengan mudah memasukkan jenis pembelajaran, misalnya warna yang sama, ukuran lebih besar atau lebih kecil, dan lain sebagainya.

8. Keterampilan bercerita

Belajar bercerita adalah salah satu hal yang perlu anak-anak bisa lakukan sebelum mereka belajar mengeja huruf. Cara mengajarkan keterampilan ini cukup sederhana. Coba ajak mereka merangkai cerita dengan membantu mengembangkan jumlah kosakata baru. Dengarkan cerita mereka dan bantu menyusun kalimat agar mudah dipahami. Respons cerita mereka dengan tulus dan ekspresif agar mereka mengerti muatan ceritanya.

Selain keterampilan umum yang perlu dimiliki anak sebelum masuk sekolah dasar di atas, si kecil juga perlu mengenali angka. Penting bagi mereka dapat berhitung. Anda bisa mengajarkan secara sederhana, seperti menghitung jumlah mobil di parkiran. Atau menghitung benda-benda menarik di sekitarnya.