3 Makanan Pelancar Haid untuk Wanita Pubertas
Ilustrasi (Foto: Freepik/User20678629)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Haid atau menstruasi yang tidak teratur merupakan sebuah kondisi yang kerap dikeluhkan oleh wanita. Untungnya, hal ini bisa diatasi oleh makanan pelancar haid yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, D, zat besi, kalsium, dan asam folat.

Dikutip dari Ai-Care, Minggu, 21 April 2023, siklus haid setiap wanita berbeda-beda. Umumnya, siklus haid yang normal adalah sekitar 21 hingga 35 hari. Sementara lama periode menstruasi normal rata-rata sekitar 3-7 hari.

Untuk mengetahui apakah periode menstruasi Anda normal atau tidak, Anda bisa melakukan pencatatan kalender setiap bulannya.

Nah, untuk wanita pubertas yang siklus menstruasinya tidak normal, Anda bisa mengonsumsi makanan pelancar haid berikut ini.

Rekomendasi Makanan Pelancar Haid

  1. Nanas

Pilihan makanan pelancar haid yang pertama adalah nanas. Buah-buahan ini diketahui dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Di dalam buah nanas, terkandung enzim bromelain yang dapat melancarkan aliran darah serta mendorong peluruhan dinding uterus supaya terjadi menstruasi.

Kendati manfaat nanas sebagai makanan haid yang perlu diteliti, buah ini tetap baik dikonsumsi karena mengandung bayik untuk kesehatan.

  1. Sayuran tinggi asam folat

Sayuran yang kaya akan folat juga baik dikonsumsi oleh wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur. Asam folat dapat mendukung proses ovulasi secara teratur dan meningkatkan kadar hormon reproduksi. Hal ini nantinya akan mendukung kesuburan, sehingga siklus haid menjadi lancar.

Beberapa sayuran yang mengandung asam folat dalam jumlah besar antara lain bayam, sawi, kangkung, dan brokoli.

  1. Pepaya

Selain kedua makanan di atas, pepaya juga termasuk makanan pelancar haid. Dalam buah pepaya terkandung karoten dalam jumlah yang tinggi. Senyawa ini dapat meningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh dan membantu rahim berkontraksi, sehingga dapat mendorong terjadiya menstruasi.

Tak cukup sampai disitu, pepaya juga merupakan buah tinggi serat dan sangat baik untuk saluran pencernaan serta dapat meredakan konstipasi. Beberapa wanita mungkin kerap mengalami konstipasi menjelang jadwal menstruasinya.

Demikian informasi tentang makanan pelancar haid untuk wanita pubertas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.