Bermanfaat Mengurangi Nyeri, Ikuti 5 Teknik Pernapasan untuk Relaksasi
Ilustrasi teknik pernapasan untuk relaksasi (Freepik/yanalya)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda menahan napas saat akan disuntik atau ketika menahan rasa sakit? Bernapas, kerap mengalir begitu saja tanpa disadari. Tetapi ternyata, kalau menahan napas justru membuat rasa sakit meningkat. Bahkan bisa membuat tubuh menegang dan stres.

Napas dengan teknik tertentu, bisa membantu Anda rileks dan mengurangi rasa nyeri. Dengan teknik napas panjang, salah satunya, otot dan sistem saraf mengendur. Nah, jika otot Anda tegang, mungkin perlu melakukan latihan pernapasan selama 15-20 menit untuk merasakan relaksasi. Berikut cara yang direkomendasikan oleh Jennifer Caspari, Ph.D., psikolog klinis berlisensi dilansir Psychology Today.

1. Bernapas perlahan dan berirama

Teknik pernapasan pertama, mulai dengan menarik dan mengeluarkan napas secara perlahan. Bayangkan napas adalah gelombang lautan yang perlahan menuju pantai dan surut lalu kembali ke laut. Teknik pertama ini, bisa dilakukan semala 2-5 menit atau disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

teknik pernapasan untuk relaksasi
Ilustrasi teknik pernapasan untuk relaksasi (Freepik/master1305)

2. Bernapas melalui hidung

Berlatik melalui hidung saja bisa membantu. Paling utama, kenali ritme dan bernapaslah lebih lambat. Ini akan membantu menghilangkan stres dan relaksasi. Jadi, cobalah berlatih menutup mulut dan menghidup serta mengembuskan napas dari hidung.

3. Perpanjang saat mengembuskan napas

Setelah menarik napas, embuskan napas dengan hitungan yang lebih panjang. Dengan melakukan latihan ini, akan membantu sistem saraf lebih lambat sehingga rileks dan menenangkan.

4. Bernapas dari perut

Anda tentu mengenali pernapasan diafragma, yang mana perut menjadi pusat napas yang paling menenangkan. Ini karena pernapasan perut merangsang saraf vagus yang mengaktifkan respons relaksasi, menurunkan detak jantung, dan tekanan darah serta menurunkan stres.

teknik pernapasan untuk relaksasi
Ilustrasi teknik pernapasan untuk relaksasi (Freepik/yanalya)

Untuk berlatih, ambillah posisi duduk atau berbaring. Letakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya pada perut. Tarik napas perlahan melalui hidung, gerakan datang dari perut dan saat menarik napas peru akan naik seolah-olah balon yang terisi udara. Ketika mengembuskan napas perlahan, perut akan mengempis.

5. Lakukan secara konsisten

Anda bisa melakukan teknik pernapasan untuk relaksasi dan meredakan nyeri di atas dalam waktu singkat. Tetapi latihan yang lebih lama akan signifikan membantu. Pesan Caspari, lakukan latihan pernapasan ini secara konsisten.

Salah satu cara cepat untuk berlatih teknik pernapasan di atas adalah dengan dilakukan beberapa kali sehari. Hanya dengan tiga sampai lima putaran, akan membantu Anda membiasakan gaya pernapasan yang lebih menenangkan, merilekskan, dan meredakan nyeri.