Tips Minum Kopi saat Bulan Puasa, Perhatikan Biar <i>Gak</i> Lemas dan Asam Lambung
Ilustrasi tips minum kopi saat bulan puasa (Freepik/senivpetro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi pecinta kopi, bulan puasa mungkin bukan halangan untuk menyesap secangkir kopi setelah azan maghrib berkumandang. Namun hati-hati, menikmati gurihnya seduhan kopi perlu diperhitungkan waktunya. Kebiasaan minum kopi mungkin enggak bisa seperti hari-hari biasa, maka ikuti anjuran dan pantangan waktu minum kopi saat bulan puasa berikut di bawah ini.

Berpuasa tidak makan dan minum mulai dari subuh hingga petang. Menurut pakar dilansir mbghealth, Kamis, 6 April, tidak begitu jelas boleh atau tidaknya minum kopi saat berpuasa. Tetapi secangkir kopi mengandung sangat sedikit kalori, hanya sekitar 2 kalori. Kalau berdasarkan perhitungan kalori, dampaknya cenderung minimal. Tetapi kafein dalam kopi, secara teknis dapat memengaruhi puasa Anda.

Kafein dalam penelitian terpantau, memberikan manfaat pada sistem metabolisme tubuh. Tentu ketika diminum dalam kondisi fit dan tidak dalam masa berpuasa. Tetapi apabila diminum manis pun ternyata juga memiliki efek tidak sehat selama berpuasa. Tambahan gula pada kopi, menyebabkan lonjakan insulin. Bahkan tanpa gula pun, juga memengaruhi insulin dalam tubuh.

tips minum kopi saat bulan puasa
Ilustrasi tips minum kopi saat bulan puasa (Freepik/jcomp)

Minum kopi saat berpuasa, bersifat relatif. Tergantung seberapa banyak, bahan apa yang dicampurkan dalam kopi, dan waktu minum kopi. Minum kopi diperbolehkan saat puasa, tetapi jangan terlalu banyak minum kafein karena dapat mengganggu puasa.

Anjuran pertama, hindari minum kopi saat sahur. Ini mencegah menyusutnya ketersediaan air dalam tubuh. Kopi yang mengandung kafein juga membuat Anda sering buang air kecil. Hindari pula minum kopi sesaat setelah berbuka puasa. Maka, setelah azan berkumandang berbukalah dengan yang manis. Misalnya dengan kurma, kolak, ataupun cukup minum air mineral. Isi perut dengan makanan sedang, seperti takjil yang sehat atau makanan tradisional yang tak terlalu berat.

Penting diingat, saat berbuka puasa perlu membagi porsi makan makanan karbohidrat. Hindari berbuka langsung kenyang karena memengaruhi kadar gula darah. Maka lebih baik pecah porsi makan menjadi dua kali. Nah, setelah makan sedang yang pertama, Anda bisa minum kopi.

Namun perlu juga dipertimbangkan soal jeda waktu minum kopi saat bulan puasa dengan waktu tidur. Jangan sampai waktu minum kopi terlalu dekat dengan waktu tidur agar tak membuat Anda susah tidur atau membuat jam tidur tertunda. Batasi hanya minum secangkir saja, dan boleh ditambahkan kayu manis, susu almond tanpa gula, atau ghee. Hindari menambahkan krimmer, gula, dan susu tinggi lemak karena dapat memengaruhi resistensi insulin serta metabolisme tubuh.