KPK Sebut Artis Inisial R dalam Kasus Rafael Alun, Raffi Ahmad hingga Rizky Billar Terseret
Rafael Alun (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mendalami dugaan artis berinisial R yang terlibat dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi mantan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Rafael Alun Trisambodo.

"Inisial R itu siapa? Ini sedang kami dalami. Apakah R itu huruf depannya atau itu ada di tengah atau ada di ujung. Itu yang sedang kita dalami. Yang jelas ada R-nya," kata Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur, Kamis, 30 Maret.

"Kami nanti akan komunikasikan dan koordinasikan apakah betul ada laporan dimaksud, tapi tiap laporan masyarakat yang mendukung upaya penegakan hukum termasuk proses yang kami lakukan ini tentu kami akan dalami lebih lanjut," kata Ali Fikri selaku Kepala Bagian Pemberitaan KPK.

Rafael Alun Trisambodo dinyatakan sebagai tersangka terkait pidana korupsi yang diduga dilakukan mantan kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II itu. Rafael Alun diperkirakan menerima gratifikasi hingga puluhan miliar rupiah selama periode 2011-2023.

Angka tersebut diperoleh berdasarkan perhitungan penyidik dari alat bukti yang ditemukan penyidik, salah satunya adalah safe deposit box (SDB) milik Rafael.

Meski tidak diungkap, namun sosok R yang disebutkan lantas menjadi teka-teki di tengah publik. Tidak sedikit yang mulai mempertanyakan apakah sosok R adalah artis yang masih aktif berkarier di dunia hiburan.

Sederet artis mulai dari Raffi Ahmad hingga Rizky Billar turut terseret dalam kabar ini. Selain itu, pebisnis Rudy Salim juga banyak disebut karena memiliki relasi dengan Raffi dan Billar.

“Raffi Ahmad gak sih?” tanya salah satu warganet.

“Rizky Billar (orang kaya baru), Raffi Ahmad (orang tau dah gimana),” kata warganet lainnya.

“Masih misterius. Bisa Rhoma Irama, Rizky Billar, banyak R,” tambah lainnya.