Stok Makanan Terbaik Selama Puasa, Ini Daftarnya untuk Tetap Sehat dan Berenergi
Ilustrasi stok makanan selama puasa (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memasuki bulan Ramadan, stok makanan di rumah perlu diisi dengan bahan-bahan bernutrisi. Tujuannya agar selama puasa Anda tetap berenergi dan sehat tubuh. Menurut ahli, di luar momen Ramadan, puasa punya manfaat baik untuk kesehatan. Tetapi karena puasa Ramadan cukup intens dan dilakukan setiap hari selama sebulan, maka stok dapur perlu didaftar. Berikut ini, menurut hali diet makanan yang baik untuk tubuh selama puasa.

1. Kombinasi makanan berprotein yang lebih mudah dicerna

Telur ayam salah satu bahan makanan tinggi protein yang mudah dicerna. Menurut ahli nutrisi dan genetika Hina Jawed dilansir Apartement Therapy, Selasa, 21 Maret, saat berbuka puasa pilih makanan yang lebih cepat dicerna. Dengan begitu pemulihan energi bisa berjalan lebih cepat. Selain telur, Anda bisa mengkombinasikan dengan makanan berprotein lainnya seperti ikan dan ayam tanpa kulit.

Selain yang disebutkan di atas, protein juga menyediakan asam amino yagn dibutuhkan otak dan berfungsi meningkatkan kadar tirosin. Tirosin adalah penghasil norepinefrin dan dopamin, neurotransmitter yang membuat Anda terjaga serta berenergi ketika puasa. Makanan berprotein tinggi yagn disarankan ahli, antara lain Greek yoghurt, kacang-kacangan, lentil, ikan ayam, dan kacang-kacangan.

stok makanan selama puasa
Ilustrasi stok makanan selama puasa (Freepik)

2. Buah yang banyak mengandung air

Ketika puasa, tubuh tetap membutuhkan cukup cairan. Tetapi kalau minum sekaligus dalam jumlah terlalu banyak, mungkin membuat perut terasa penuh. Untuk mencegah perut kembung air, bisa menutup buka dengan makan buah yang kaya kandungan airnya. Buah yang banyak mengandung air, diantaranya semangka, anggur, apel, mentimun, dan seledri yang membantu Anda tetap terhidrasi.

3. Makanan utuh dan segar

Mengisi kulkas dengan makanan segar merupakan solusi paling sehat. Seperti memperbanyak stok sayur dan buah segar, ini bisa mengurangi risiko kekurangan elektrolit. Nah untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit, Anda juga perlu camilan sehat yang utuh, bukan makanan yang diproses berlebihan, dan segar.

stok makanan selama puasa
Ilustrasi stok makanan selama puasa (Freepik)

4. Makanan yang kaya serat

Makanan yang kaya serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Tetapi perlu selektif dalam memilih makanan sarat serat ini. Dianjurkan untuk menghindari serat atau karbohidrat sederhana dari tepung putih. Lebih baik dari biji-bijian utuh, roti gandum, bagel, tortilla, beras merah, oatmeal, dan quinoa.

Itulah daftar makanan untuk tetap sehat dan berenergi saat puasa. Daftar tersebut bisa Anda masukkan dalam catatan belanja untuk stok dapur.