8 Aktivitas Setelah Sahur untuk Menghindari Tidur dan Kesiangan
Ilustrasi sahur (Pexel)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi masyarakat Islam, melakukan aktivitas setelah sahur dilakukan agar tidak kembali tertidur. Selain itu aktivitas tersebut dilakukan sembari menunggu salat Subuh tiba. Melakukan aktivitas yang bermanfaat pascasahur juga dianggap mendatangkan banyak manfaat baik untuk jasmani maupun rohani.

Aktivitas Setelah Sahur

Seperti diketahui, sahur dilakukan sebelum Imsyak atau dilakukan beberapa saat sebelum subuh tiba. Waktu sahur di pagi buta itu memancing banyak orang untuk lebih memilih tidur lagi setelah satur. Padahal tidak disarankan untuk kembali tidur setelah makan sahur.

Bagi Anda yang ingin mencoba melakukan berbagai aktivitas sebelum sahur, ada banyak hal yang bisa dicoba yakni sebagai berikut.

  1. Membaca Al-Quran

Ramadan jadi kesempatan untuk umat Islam mengkhatamkan bacaan Al-Quran. Aktivitas tersebut bisa dilakukan setelah sahur sembari menunggu waktu salat Subuh. Membaca Al-Quran tidak hanya bermanfaat untuk spiritual, secara tidak langsung membantu menjaga kesehatan otak.

  1. Menyiapkan Pekerjaan Lebih Awal

Salah satu kegiatan yang menguntungkan untuk dikerjakan setelah sahur adalah menyiapkan pekerjaan pada hari itu. Waktu sesudah sahur adalah waktu yang sangat baik untuk melakukan pekerjaan. Di waktu ini pikiran masih jernih serta situasi masih mendukung karena tenang.

  1. Mendegarkan Podcast

Saat ini ada banyak podcast yang membahas banyak hal, dari yang berkaitan dengan hiburan, ilmu pengetahuan, hingga tema-tema keagamaan. Mendengarkan podcast setelah sahur membantu pengembangan diri Anda, khususnya menambah wawasan baru. Aktivitas ini bisa mengasah otak karena proses belajar lewat audio dari podcast.

  1. Bercengkrama dengan Keluarga

Momen setelah sahur bisa dimanfaatkan untuk bercengkrama dengan keluarga. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keintiman dan keharmonisan dalam keluarga. Saat sahur biasanya satu keluarga bisa berkumpul jadi satu dibanding waktu-waktu di hari biasa.

  1. Menyelesaikan Pekerjaan Rumah

Setelah sahur Anda juga bisa menyelesaikan pekerjaan rumah seperti mencuci piring atau membereskan meja makan. Aktivitas ini cocok dilakukan mengingat masyarakat tidak akan menggunakan alat masak selama seharian penuh. Mencuci piring setelah sahur juga akan membantu menjaga kebersihan rumah khususnya dapur.

  1. Menulis

Pernahkah Anda membuat jurnal selama bulan Ramadan? Kegiatan ini sangat bermanfaat dan membantu mengasah otak agar memiliki memori yang lebih lama. Menulis jurnal selama Ramadan juga membantu menjaga kesehatan mental serta membantu Anda meraih target tertentu yang harus dicapai di bulan Puasa Ramadan.

Anda bisa menceritakan kembali aktivitas per hari selama Ramadan. Selain itu tulislah harapan dan target yang ingin dicapai selama Ramadan seperti mengkhatamkan Al-Quran atau melaksanakan ibadah sunah tambahan lain selama puasa.

  1. Olahraga Ringan

Setelah sahur Anda bisa melakukan olahraga ringan sembari menunggu waktu Subuh. Olahraga akan membantu menghilangkan kantuk serta menyehatkan tubuh. Tidak tertidur setelah sahur juga mengurangi risiko mengalami kenaikan berat badan mengingat saat sahur ada banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Olahraga ringan setelah sahur bisa beragam, misalnya Anda senam atau peregangantubuh di dalam rumah. Selain itu Anda bisa berjalan kaki menuju masjid untuk mengikuti ibadah salat subuh berjamaah.

  1. Menyiapkan Baju Kerja

Aktivitas setelah sahur banyak dilakukan oleh masyarakat karena mereka tak ingin kesiangan saat masuk kerja. Kegiatan seperti menyiapkan baju kerja yang akan dipakai hari itu akan membantu menghilangkan kantuk. Aktivitas ini sangat ringan dan mudah dilakukan sehingga tidak banyak memakan energi.

Itulah beberapa aktivitas setelah sahur. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.