Tak Ada Lagi Pembatasan, Ini Tips Mempersiapkan Buka Bersama yang Seru
Ilustari Buka Bersama (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah tiga tahun puasa dalam kondisi pandemi, akhirnya puasa tahun 2023 ini bisa dilakukan dengan leluasa karena sudah masuk masa endemi sehingga tidak ada pembatasan lagi. Kegiatan buka bersama yang selama ini dilarang dan dibatasi, bisa dilakukan dengan leluasa. 

Biar tambah seru, ikuti tips buka bersama berikut ini:

1. Utamakan protokol kesehatan

Biarpun sudah leluasa, namun tetap jadikan kesehatan sebagai prioritas. Pastikan kondisi tubuh sehat saat mengikuti buka bersama. Jangan lupa cuci tangan sebelum makan hidangan untuk membatalkan puasa. 

2. Tentukan iuran di awal

Hal yang paling penting adalah sistem pembayaran. Jika tidak disepakati, kadang kala pembayaran bisa jadi masalah. Karena itu, sehari sebelum acara buka puasa bersama kamu bisa mendiskusikan hal ini bersama teman-temanmu. 

Kumpulkan dananya terlebih dahulu. Nanti dana yang terkumpul 

kamu simpulkan menu apa saja yang bisa dibeli dengan dana tersebut.

3. Lakukan pemesanan

Biar waktu pertemuan buak puasa efektf, lakukan pemesanan sebelum hari H. Selain tempat, pilih menu hemat dan promo. Karena makan bersama biasanya lebih banyak pesan makanan sehingga banyak promo yang ditawarkan. 

Nggak usah malu pilih paket hemat, karena momen buka puasa bersama hal utama yang ditonjolkan adalah momen kebersamaanya, bukan perkara menu makanan yang mahal. Kamu bisa memilih menu yang paling hemat dan terpenting bisa mengobati rasa lapar dan dahaga setelah seharian berpuasa.

4. Buat skala prioritas pertemanan 

Kondisi orang-orang yang berbuka puasa biasanya menentukan apakah acara buka puasa tersebut lancar atau tidak. Jika banyak undangan buka bersama, prioritaskan mana saja teman yang kamu rasa asik buat diajak buka puasa bersama. 

Kenyamanan berteman akan mempengaruhi mood, gak seru kan kalau buka puasa mood kamu tiba-tiba down? Apalagi buka puasa seringkali juga dijadikan sebagai ajang reuni. Untuk menghemat keuangan kamu, pilihlah mana acara buka puasa yang sebaiknya kamu hadiri.

5. Buka di rumah dengan potluck

Ingin lebih akrab dengan keluarga dan tidak terbatas waktu? Bisa juga buka puasa di rumah. Gunakan sistem potluck, di mana masing-masing orang membawa makanan tertentu untuk dinikmati bersama-sama sehingga tuan rumah tidak repot.

Menggunakan sistem potluck untuk berbuka cocok buat kamu yang akan melaksanakan buka puasa di salah satu teman atau kerabat. Jadi setelah buka bersama bisa lanjut ibadha terawih bersama. 

6. Jangan lupa foto

Bagian yang tidak boleh dilupakan adalah foto. Selain untuk kenangan, foto di masa kini jadi kebutuhan untuk konten di media sosial. Jika ingin lebih menarik, tak ada salahnya menjajal foto dengan kamera Instax yang hasilnya bisa langsung dicetak. 

Menjelang Ramadan, Fujifilm turut menghadirkan keceriaan baru melalui INSTAX mini 12, kamera instan untuk mencetak foto langsung secara langsung. Kamera instan entry-level terbaru ini tersedia mulai 16 Maret 2023.

"Saya suka kamera instan ini dilengkapi fitur-fitur yang mendukung pengguna berswafoto atau membidik foto secara close-up. Ada Selfie Mirror pula di samping lensa sehingga bisa foto memeriksa tampilan foto yang akan muncul setelah dicetak," ujar Influencer Angie Ayu di Cikini, Kamis, 16 Maret. 

Keunikan lain yang ditawarkan mini 12 ialah kemampuan untuk menyesuaikan gambar yang terlihat pada jendela bidik (viewfinder) dengan hasil cetakan foto. Biar lebih seru untuk berbagi, ada aplikasi Instax Up untuk memindai dan menyimpan hasil fotobeserta bingkainya, yang mungkin berisikan tulisan tangan, dan mengubahnya ke format digital secara mudah dibagi ke teman atau media sosial.