Wajib Disimak! Ini 6 Efek Kurang Tidur yang tidak Bisa Dianggap Sepele
Ilustrasi kurang tidur (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Efek kurang tidur akan terasa nyata jika Anda melakukannya dalam jangka panjang. Sains telah mengaitkan kurang tidur dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari penambahan berat badan hingga sistem kekebalan yang melemah.

Jika Anda kerap begadang untuk menyelesaikan pekerjaan kantor atau bermain gadget, efek kurang tidur akan langsung terasa keesokan harinya.

Melewatkan 7 hingga 9 jam tidur malam yang disarakan, akan membuat Anda lelah, tidak bisa mengontrol emosi, merasa pening, dan kurang sehat.

Efek Kurang Tidur Terhadap Kesehatan

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Minggu, 12 Maret 2023, berikut beberapa efek kurang tidur yang bakal Anda dapatkan jika dilakukan dalam jangka panjang:

  1. Sulit berkonsentrasi

Efek kurang tidur yang pertama adalah sulit berkonsentrasi. Tidur sangat berperan penting dalam proses belajar dan berpikir. Jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur, maka kemampuan kognitif Anda akan ikut berkurang.

Hal ini akan berdampak kepada tingkat kewaspadaan, perhatian, penalaran dan pemecahan masalah.

  1. Mudah marah

Kurang tidur juga bisa berpengaruh terhadap kondisi psikologis seseorang. Rasa terganggu, moody, mudah marah dan mengeluh adalah efek samping dari kurang tidur yang sudah diriset dengan baik

Dampak kurang tidur dalam jangka panjang juga dapat memperburuk kondisi kesehatan mental, seperti depresi atau kegelisahan, ditemukan bahwa hal tersebut melebihi depresi 69% dari waktu ke waktu dan kecemasan 27% dari waktu dari waktu ke waktu.

  1. Mudah lupa

Selain sulit berkonsentrasi dan mudah marah, efek lain yang muncul akibat kurang tidur adalah mudah lupa.

Sebuah riset membuktikan bahwa kurang tidur bisa mengakibatkan penuaan atau pelupa.

Kurang tidur bisa menganggu kemampuan otak untuk memproses dan menyimpan ingatan atau hal-hal yang dipelajari dan dialami sepanjang hari. Anda juga menjadi sulit mencerna dan memproses informasi selama beberapa hari kedepan.

  1. Berat badan meningkat

Dampak kurang tidur yang berikutnya, yakni berat badan menjadi naik. hal ini berkaitan dengan perubahan durasi tidur dan metabolisme tubuh.

Pada orang dewasa, kurang tidur dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Terutama pada makanan tinggi karbohidrat dan kalori.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada anak-anak dan remaja. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari, lebih berpotensi mengalami obesitas ketimbang mereka yang tidur 7-9 jam semalam.

  1. Gampang sakit

Kurang tidur juga dapat membuat seseorang menjadi lebih gampang sakit. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi secara optimal untuk melawan virus dan bakteri. Akibatnya, Anda akan lebih rentan terhadap penyakit.

Apabila hal ini dibiarkan berlarut-larut, bahaya kurang tidur dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes dan penyakit jantung.

  1. Mudah stres

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, kurang tidur akan mempengaruhi mood seseorang keesokan harinya. Anda bisa mengalami perubahan suasana hati dan menjadi tidak sabaran.

Keadaan yang lebih emosional ini akan berdampak terhadap pekerjaan, terlebih ketika Anda harus membuat keputusan penting.

Apabila hal tersebut dibiarkan maka bisa timbul masalah seperti perilaku impulsif, kecemasan, depresi, dan paranoid.

Demikian informasi tentang efek kurang tidur bagi kesehatan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.