Perlunya Konsumsi Ikan untuk Anak, Berikut Pendapat Ahli Gizi
Ilustrasi (Huy Phan/Pexels)

Bagikan:

MAKASSAR - Jika makanan favorit anak Anda salah satunya adalah ikan, maka selamat! Sebab Protein hewani merupakan salah satu hal yang harus ada di dalam menu anak dalam pedoman gizi seimbang. 

Nah, ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang mengandung manfaat super. Melansir laman Parenting, Rabu, 20 Juli, ahli gizi Joe Leech, MS, RD, dari Australia mengatakan bahwa ikan merupakan salah satu makanan tersehat di planet ini.

Kalau Anda sudah memahami manfaat dari makanan ini, pasti Anda akan selalu menyajikan anak Anda makanan ikan. Ikan punya banyak manfaat untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak. 

Menjaga kesehatan mata

Konsumsi ikan berlemak yang kaya akan omega 3 dikaitkan dengan penurunan neovaskular. Ikan dapat melindungi diri dari degenerasi makula yang menjadi penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan yang menyerang orang dewasa dan lanjut usia.

Ikan baik untuk kesehatan otak

Menyadur Indian Express, asam lemak omega 3 sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan. Ikan juga meningkatkan materi abu-abu pada otak dan mengurangi kerusakan terkait usia. Materi abu-abu adalah jaringan fungsional utama di otak Anda yang mengandung neuron yang memproses informasi dan menyimpan ingatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan ikan setiap minggu. Memiliki lebih banyak materi abu-abu di pusat otak yang mengatur emosi dan memori. Studi juga menemukan bahwa orang yang makan ikan cenderung tidak mengalami depresi. Asam lemak omega-3 dalam ikan bermanfaat melawan depresi. Asam lemak membantu melindungi jantung dengan menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Mengurangi risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak

Ikan dan produk-produknya adalah sumber makanan terbaik penghasil vitamin D. Orang-orang yang tidak bisa makan ikan, dapat mengonsumsi kapsul minyak ikan cod atau 1 sendok makan minyak ikan cod setiap hari. Konsumsi ikan atau minyak ikan dikaitkan dengan pengurangan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak serta diabetes autoimun pada orang dewasa. 

Ikan salmon, herring, mackerel, sarden, teri, dan rainbow trout, semuanya mengandung lemak omega 3 yang membantu memperkuat membran sel kulit dan juga dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker kulit.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk anak-anak. Pasalnya, saat tidur lelap, anak-anak akan mendapatkan manfaat dari hormon pertumbuhan di malam hari. Konsumsi ikan rutin dapat membantu anak-anak mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ada beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi, seperti ikan hiu, ikan pedang, king mackerel, dan ikan tile. Ini harus dihindari pada anak-anak di bawah usia 2-3 tahun, karena konsumsi teratur dapat mengakibatkan masalah neurologis tertentu. 

Ikan sebaiknya diperkenalkan setelah anak berumur satu tahun. Ikan adalah nutrisi penting yang pada dasarnya dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Anak usia 2-3 tahun sebaiknya mengonsumsi 40-50 gram ikan secara rutin. Orang dewasa harus makan setidaknya 80 gram (maksimum 100 gram) ikan.