Punya Niat Positif, Intip Potret Aming Berbusana <i>Genderless</i> Hingga Kenakan <i>Dress</i>
Ilustrasi gaya berpakaian Aming (Instagram/@amingisback)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Gender kerap dilekatkan dengan cara seseorang berbusana, yang mana berkaitan dengan jenis kelamin. Seperti pemahaman masyarakat luas, bahwa rok dikenakan perempuan dan celana dipakai bebas, bisa pria dan perempuan. Gaya penampilan Aming, banyak dibicarakan publik karena tampil dengan dress dan berpayudara selayaknya perempuan.

Dibalik penampilannya, Aming memiliki niat positif. Mengutip dari perbincangan Aming dengan Denny Sumargo di kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, aktor Extravaganza ini mengaku perubahan penampilannya sebagai proses kreatifnya. Aming berharap penampilannya ditanggapi dengan rasa welas asih dan pikiran positif.

Cara berpakaian Aming menggambarkan kreativitasnya dalam memadu-padankan konsep outfits. Salah satu gaya berpakaiannya, genderless. Gaya ini dikenal sebagai fashion bebas gender seperti pernah digaungkan oleh musisi tahun 1970-an, David Bowie. Berikut potret Aming dengan busana gender-neutral fashion hingga perubahan penampilannya mengenakan dress.

potret aming sekarang
Gaya berpakaian Aming yang netral gender (Instagram/@amingisback)

Kenakan setelan polkadot berwarna hitam putih, disempurnakan dengan sepatu boot serta handbag Gucci, Aming mengunggah potret tersebut sembari  mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa semuanya….”

potret aming sekarang
Gaya berpakaian Aming (Instagram/@amingisback)

Gaya berpakaian genderless dipopulerkan sebagai cara membebaskan diri terhadap oposisi biner, maskulin dan feminin. Seperti halnya gaya Aming berbusana pada potret di atas, dengan warna hitam netral dilengkapi coat bermotif abstrak senada dengan topi buket yang ia kenakan.

potret aming sekarang
Gaya berpakaian Aming kenakan dress (Instagram/@amingisback)

Seperti halnya pria bebas mengenakan pakaian berwarna merah muda, Aming mengubah penampilannya untuk berproses kreatif dengan memakai pakaian yang menonjolkan kesan feminin.

potret aming sekarang
Potret Aming berbusana feminin (Sumber: Tangkap layar/YouTube Curhat Bang Denny Sumargo)

Kebebasan berekspresi lewat akting dan fashion, menurut pengakuan Aming sebagai salah satu coping mechanism dari pengalaman luka di masa lalunya. Di belakang itu semua, Aming percaya bahwa semesta alam dan tuhan memiliki rasa welas asih yang sangat besar.