Fujiko A. Fujio, Mangaka Pencipta Doraemon dan Ninja Hattori Meninggal Dunia
Doraemon (Twitter @dorachan_official)

Bagikan:

MAKASSAR - Mangaka Fujiko A. Fujio meninggal dunia pada Kamis, 7 April waktu Jepang. Ia dikabarkan meninggal di rumahnya di Kawasaki.

Pada hari itu, polisi menerima panggilan dari rumah Fujiko yang menyebutkan sang mangaka tidak sadarkan diri. Fujiko A. Fujio dinyatakan meninggal di tempat dan pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kematiannya.

Fujiko A. Fujio adalah mangaka yang menciptakan beberapa judul populer, di antaranya Ninja Hattori dan Doraemon. Lahir di Toyama pada 10 Maret 1934, ia memiliki nama asli Motoo Abiko.

Bertemu Fujiko F. Fujio, siapa dia?

Selanjutnya, ia bertemu dengan Hiroshi Fujimoto atau Fujiko F. Fujio di tahun 1951 untuk menciptakan manga bersama, yakni Doraemon serta Obake no 1-taro.

Dengan duo Fujiko Fujio, mereka mencetak banyak karya namun mereka membubarkan proyek itu pada tahun 1986. Pasalnya, Hiroshi mengidap kanker hati dan penyakit jantung. Fujiko F. Fujio pun meninggal pada 23 September 1996.

Selain itu Fujiko A. Fujio juga dikenal dengan drama Kaibutsu-kun yang sudah diadaptasi dalam format serial. The Laughing Salesman yang menjadi proses adaptasinya dirilis eksklusif untuk Netflix.

Fujiko A. Fujio meninggal dunia di usia 88 tahun.