Baca Puisi Remy Sylado, Jajang C. Noer Selipkan Pesan Khusus
Jajang C Noer (Alit Bagus/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mengaku sangat mengenal dengan sosok seniman multitalenta Remy Sylado, aktris senior Jajang C. Noer, seakan tidak mau melewatkan kegiatan sosial yang ditujukan untuk kesembuhan sahabatnya itu. Mengusung tema Doa untuk Remy Sylado, Jajang menjadi salah satu deretan pelaku seni peran yang ikut tampil membaca puisi karya Remy di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, pada Jumat, 4 Februari 2022 sore.

Salah satu puisi karya Remy yang dibaca Jajang C. Noer adalah 'Presiden'. Menariknya, dibagian akhir puisi ia menambahkan pesan khusus kepada sosok yang diduga bakalmaju di Pemilihan Presiden 2024. Tokoh itu diyakini adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang dijadwalkan hadir namun batal datang dan digantikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana.

"Presiden. Presiden pertama bermain mata dengan komunis. Presiden kedua bermain mata dengan kapitalis. Presiden ketiga bermain mata dengan Presiden kedua. Presiden kempat tidak mungkin bermain mata," ucap Jajang membacakan puisi Presiden.

"Jadi ingat yah, mana nih salah satu calon Presiden berikutnya. Pakai mata, pakai mata," tambahnya.

Usai melaksanakan tugasnya tersebut, Jajang mengaku kalau karya Remy favoritnya adalah Ca-Bau-Kan yang disutradarai Nia Dinata pada tahun 2022. Walau tak memungkiri kalau hampir semua karya temannya itu banyak yang ia gemari karena sosoknya yang hangat.

"Dia penuh kasih. Kalau ketemu wanita cantik seperti saya ia pasti peluk. Kehangatannya luar biasa. Saya pernah sutradarai dia dalam sinetron Bukan Perempuan Biasa, ketika saya minta main ya langsung oke dan percaya sama saya."tutupnya.

Remy pertama kali diserng stroke pada 2019 dan sempat dibawa ke rumah sakit. Saat itu kondisinya membaik dan dibawa pulang ke rumah. Ia lalu kembali stroke pada 2020. Remmy Sylado disebut terakhir berobat ke rumah sakit pada Desember 2020. Setelah itu, sastrawan ini menjalani perawatan jalan di rumah dan kini sudah mulai membaik usai mendapat bantuan dari Pemprov DKI Jakarta.