Kuku Rusak Akibat Penggunaan Kuteks, Perbaiki dengan 5 Cara Ini
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menghias kuku dengan nail polish atau kuteks memang membuatnya lebih cantik. Tak heran jika nail salon semakin ramai dikunjungi saat ini dengan wanita-wanita yang ingin memperindah tampilan kukunya dengan kuteks.

Semakin maju zaman, semakin banyak jenis kuteks yang dinilai bagus dari sisi ketahanan. Misalnya, nail gel. Cat kuku berbentuk gel ini dinilai tidak mudah mengelupas dan tidak pudar hingga satu bulan. Riasan kuku ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan dan aktif berkegiatan seperti olahraga hingga berkebun.

Namun metode ini membuat kuku asli menjadi mudah kering dan pecah-pecah. Berikut tips untuk mendapatkan kuku yang tetap sehat walaupun mengenakan nail gel.

Berhati-hati Saat Melepas Nail Gel

Masih banyak wanita yang kadang memaksa untuk mencabut dan melepas kuteks yang masih melekat sempurna. Hal ini menyebabkan kuku dan kulit di sekitarnya menjadi rusak bahkan terluka karena permukaannya terkelupas.

Sebaiknya mintalah bantuan profesional seperti nail salon untuk membersihkan kuteks Anda. Mereka memiliki berbagai alat khusus untuk menghapus kuteks tanpa membuat kuku Anda rusak, sehingga kecantikan dan kesehatannya pun terjaga.

Aplikasikan Cuticle Oil

Sama seperti kulit wajah dan tubuh, pelembab pada kutikula kuku juga menjadi hal yang penting. Aplikasikan cuticle oil secara rutin, terutama sehabis mandi dan setelah memotong kuku.

Biarkan cairan tersebut meresap, Anda bisa memijat dan menggosok pelan pada bagian kutikula kemudian dapatkan hasil kuku yang kuat dan berkilau. Cuticle oil dapat mengembalikan kesehatan kuku karena mengandung minyak grapeseed, cupuacu, sesame, sunflower, dan kemiri. Formulanya juga mudah meresap.

Rutin Menggunakan Hand Cream dan Nail Cream

Pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk mencuci tangan sesering mungkin. Hal dapat mengakibatkan kulit sekitar telapak tangan menjadi lebih kering, termasuk kulit di sekitar kuku.

Menggunakan hand cream dan nail cream secara teratur akan membuat kuku dan jari-jari tetap lembab dan halus, terutama pada kuku yang sering menggunakan nail gel. Kuku akan dapat berangsur pulih dengan pemakaian tersebut secara rutin.

Jaga kuku tetap kering dan bersih

Hal Ini bertujuan untuk mencegah bakteri tumbuh di bawah kuku Anda. Jika kuku sering terkena air maka dapat menyebabkan kuku terbelah. Kenakan sarung tangan karet berlapis kapas saat mencuci piring atau menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkan kamar mandi.

Jangan menggigit kuku

Kebiasaan ini dapat merusak permukaan kuku. Bahkan luka kecil di sepanjang kuku Anda dapat memungkinkan bakteri atau jamur masuk ke dalam dan menyebabkan infeksi.