PSM Makassar Ukir Sejarah dengan Tembus Final Zona ASEAN Piala AFC, Tavares: Pemain Memperlihatkan Karakter yang Luar Biasa
PSM Makassar lolos ke final zona ASEAN Piala AFC 2022. (Foto: Twitter @AFCCup)

MAKASSAR - Klub Liga 1 Indonesia, PSM Makassar mencetak sejarah di Piala AFC. Untuk pertama kalinya mereka berhasil lolos ke final zona ASEAN setelah unggul 2-1 atas Kedah Darul Aman FC, Selasa, 9 Agustus.

Dalam pertandingan tersebut, pada menit ke-31 gol PSM dicetak Yakob Sayuri dan Yuran Fernandes pada menit ke-54. Sementara gol Kedah diukir Fayad Zulkifli pada menit ke-86.

Pada pertandingan ini, PSM bermain dengan 10 orang sejak menit ke-62 setelah Yuran diberi kartu merah. Pada menit ke-90+8, giliran Agung Mannan yang diusir wasit.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada para pemain saya atas kemenangan ini karena bermain dengan sembilan orang tentu tidak mudah dan kami menciptakan sejarah dengan mencapai Final Zona ASEAN Piala AFC untuk pertama kalinya," kata pelatih PSM, Bernado Tavares, dalam laman resmi AFC.

Tavares menilai, timnya mengawali pertandingan dengan sangat baik. Sayangnya, penyelesaian akhir masih menjadi catatan. Meskipun memiliki banyak peluang, klub berjuluk Juku Eja itu tidak dapat mencetak gol pembuka hingga 30 menit awal.

Mampu pertahankan keunggulan

Namun, pada babak kedua performa PSM kian membaik, termasuk dalam hal penyelesaian akhir. "Saya senang dengan penyelesaiannya karena kami mencetak gol dari situasi bola mati," tutur Tavares.

"Kami bisa saja menambahkan gol ketiga tetapi kartu merah kedua menghambat peluang kami," lanjutnya.

Tavares selanjutnya mengapresiasi performa anak asuhnya dalam pertandingan ini. Walaupun kalah jumlah, Wiljiam Pluim dan kawan kawan mampu bertahan mempertahankan keunggulan.

"Para pemain saya menunjukkan kedewasaan dan karakter yang luar biasa di menit-menit akhir pertandingan dan terima kasih kepada para penggemar karena memberi kami motivasi untuk memenangkan pertandingan," ujar sang pelatih.

PSM Makassar kini menanti lawan di babak final. Mereka akan berhadapan dengan pemenang laga antara Viettel FC (Vietnam) kontra Kuala Lumpur City (Malaysia) yang baru akan diselenggarakan hari ini, Rabu, 10 Agustus.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selengkapnya.