Berita Sulsel Hari Ini: Sulsel Tingkatkan Kapasitas Petugas Pengelola SIGA
Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Hayat Gani pada workshop peningkatan kapasitas Petugas Pengelola Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) Sulsel di Makassar. ANTARA

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menerapkan peningkatan kapasitas Petugas Pengelola Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) melalui workshop yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) setempat.

Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Hayat Gani menyebutkan pentingnya sistem informasi yang menjadi kebutuhan masyarakat, khususnya terkait data gender dan anak, mengingat adanya perubahan data yang terjadi setiap tahunnya.

"Yang utama adalah pemutakhiran data, karena mengelola manusia itu dinamis. Kalau tidak dimutakhirkan kurang akurat, karena dalam perjalanan mungkin sudah banyak yang pindah, sudah tidak ditempat, meninggal, dan sebagainya," katanya pada pembukaan workshop di Makassar, Selasa.

Abdul Hayat mengungkapkan ada teori transformasi yang perlu diterapkan dalam sistem pendataan dengan meninjau kondisi sekaligus untuk menjawab tantangan lingkungan yang strategis.

Tujuan kegiatan yang digelar

Abdul Hayat menyampaikan salah satu tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas SIGA. "Tujuannya meningkatkan kualitas SIGA agar lebih bagus, karena berpengaruh pada kualitas pengambilan keputusan gubernur berkaitan dengan gender dan anak. Yang kita inginkan adalah proses transformasi dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, melalui SIGA, Kepala DP3A Dalduk KB Sulsel Andi Mirna mengatakan, pemerintah provinsi akan melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak dengan mudah.

"Kita ingin sistem ini dikembangkan, sudah mobile, sehingga di manapun orang berada, apapun laporannya, apapun yang dia lakukan mengenai pemberdayaan perempuan dan anak sudah bisa diakses di manapun," paparnya.

Andi Mirna mengatakan dengan sistem informasi secara mobile ini, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi terkait kegiatan pemberdayaan perempuan, termasuk menyampaikan aduan secara langsung kepada DP3A Dalduk KB.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selengkapnya.