Berita Sulsel Terkini: Kemenhub Selenggarakan Bimtek Perkeretaapian di Makassar
Bimtek Perkeretaapian yang diikuti sejumlah kepala balai perkeretaapian dari berbagai provinsi dan digelar di Makassar Sulawesi Selatan. ANTARA

MAKASSAR - Melalui Direktorat Prasarana, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian selenggarakan bimbingan teknis perkeretaapian mengenai tata cara pengujian sistem jalur dan bangunan kereta api di Makassar, Sulsel.

Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan Amanna Gappa melalui keterangan resminya di Makassar, Kamis 16 Juni menyebutkan, Bimtek yang digelar adalah awal dari kebangkitan perekonomian Sulawesi Selatan selama masa pembangunan jalur KA (kereta api) Makassar-Parepare yang tidak lama lagi akan beroperasi.

"Kami berterima kasih kepada Direktorat Prasarana dan Jenderal Perkeretaapian atas kepercayaannya kepada Balai Pengelola Kereta Api Sulsel sebagai tuan rumah bimbingan teknis tata cara pengujian sistem jalur dan bangunan kereta api," ujarnya.

Kegiatan yang digelar selama dua hari sejak 15-16 Juni tersebut turut dihadiri sejumlah kepala balai, di antaranya Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat Erni Basri, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera bagian Selatan Ikhsandy Wanto Hatta dan Kasubdit Kelaikan Jalur dan Bangunan KA.

Jembatan terbagi dua tipe

Pembukaan kegiatan bidang perkeretaapian dibuka oleh perwakilan direktur prasarana, kasubdit kelaikan Jalur dan Bangunan KA Nur Setiawan Sidik.

"Lewat banyaknya kegiatan pada bidang perkeretaapian yang diadakan di Sulsel, tentunya ini menjadi nilai tambah untuk meningkatkan pendapatan perekonomian dan memberikan dampak dominan untuk berbagai macam sektor seperti perhotelan, logistik, restoran dan pariwisata," ujar Amanna Gappa.

Salah satu pemateri bernama Budi Santoso menjelaskan terkait tata cara uji beban statis dan dinamis jembatan longspan kereta api (PT. Pratama Daya Cahya Manunggal).

"Terkait keamanan dan keselamatan, jembatan terbagi menjadi dua tipe agar pengujian jembatan dapat dikategorikan aman dan dapat digunakan,” katanya menguraikan.

Selain Budi, Krisna Wardana selaku Ketua KKJTJ, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR juga hadir menyampaikan materi Proses Bisnis dan Penilaian Keamanan Desain dan Kelaik Fungsian Jembatan dan Terowongan Kereta Api.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.