Mengaku Tak Memahami Jika Idayati Adik Presiden Jokowi, Ketua MK: Ke Mana-mana Dia Nyetir Sendiri, Pancasilais Sejati
Anwar Usman/DOK VIA ANTARA

MAKASSAR - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mengaku tak mengetahui jika calon istrinya -yang kini sudah dinikahinya-, Idayati merupakan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apalagi perkenalan keduanya dilakukan secara singkat.

Hal itu diungkapkan Anwar saat menjadi pembicara di Kuliah Umum di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis, 2 Juni kemarin.

"Jadi saya enggak nyangka bahwa beliau ini adiknya seorang presiden," kata Usman dikutip dari tayangan YouTube Mahkamah Konstitusi RI, Jumat, 3 Juni.

Selain itu, Idayati juga tak memperlihatkan dirinya seakan orang penting. Tak ada perlakuan istimewa yang ditunjukkan wanita yang dinikahinya pada 26 Mei lalu.

"Ke mana-mana dia nyetir sendiri. Kemudian kalau makan di restoran pun biasa saja," tegasnya.

"Jadi istilahnya, beliau ini adalah pancasilais sejati dan ketaatan beragamanya itu luar biasa," imbuh Usman.

Dia membantah pernikahannya dengan adik Jokowi merupakan pernikahan politik. Dia menjelaskan hal ini terjadi tanpa maksud lain.

"Misalnya ada yang menuding, sekarang saya nikah dengan beliau (Idayati) adalah perkawinan politik. Lah saya bukan parpol (partai politik) kok, apa yang saya cari," ujarnya.

Pernikahan keduanya tak ada kaitan dengan Pilpres 2024

Anwar menambahkan, pernikahannya dengan Idayati pun tak ada kaitannya dengan Pilpres 2024. Lagipula, kakak iparnya itu sudah tak bisa lagi menjadi capres karena sudah menjabat presiden selama dua periode.

Tak hanya itu, dirinya juga membantah adanya pihak yang mengaitkan pernikahan keduanya dengan sengketa Pilpres 2019. Di mana saat itu, MK memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Anwar mengatakan, dia tak mungkin melakukan itu. Sebab, dirinya saja baru kenal Idayati pada Oktober 2021 dan istrinya saat itu masih hidup.

"Apakah saya tahu? Dan saya tidak kenal kok, demi Allah. Kita kenal Oktober 2021, enggak ada hubungannya (dengan sengketa Pilpres 2019, red)," katanya.

Meski begitu, Anwar memaklumi spekulasi yang muncul. Hal ini, sambung dia, karena jabatannya kerap menjadi sasaran fitnah dan caci maki.

"Nah ini, jangan heran. Dunia peradilan penuh dengan fitnah, penuh dengan caci maki. Semakin banyak caci maki, fitnah untuk saya, semakin banyak insyaallah pahala untuk saya," ungkap Anwar.

Sebelumnya diberitakan, Anwar Usman menikah dengan adik kandung Jokowi, Idayati di Graha Saba Buana, Solo, Kamis, 26 Mei lalu. Pernikahan ini menjadi perhatian banyak pihak karena dinilai berpotensi memunculkan konflik kepentingan.