Berita Sulsel Terkini: Disbudpar Sulsel Sambut Baik Penganugerahan Gelar Adat untuk Rektor UKM
Vice Chancellor Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Prof Dato' Ts Dr Mohd Ekhwan Hj Toriman dan Rektor UMI Prof Dr Basri Modding disambut secara adat di Istana Sanrobone, Takalar. ANTARA

MAKASSAR - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan menyambut baik penganugerahan gelar adat kepada Rektor Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Prof Dato' Ts Dr Mohd Ekhwan Hj Toriman di Istana Sanrobone, Kabupaten Takalar, Sulsel, Minggu 22 Mei.

Usai mengikuti acara pemberian gelar adat kepada Prof Dato' Ts Dr Mohd Ekhwan Hj Toriman, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulawesi Selatan Muh Jufri mengatakan hal ini menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata Sulsel terkait wisatawan mancanegara.

"Penganugerahan gelar ini luar biasa. Kebetulan hari ini juga hadir Kadis Pariwisata Takalar, yang tentunya punya harapan yang sama untuk meningkatkan pariwisata di daerah ini," ujarnya.

Potensi kerja sama pariwisata

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga mengakui sudah berdiskusi dengan Dato' Ts Dr Mohd Ekhwan Hj Toriman yang diberi gelar adat Imangasakki Daeng Nyorong, tentang potensi kerja sama pariwisata.

"Beliau siap mendukung pengembangan pariwisata dengan berbagai kajian kebudayaan. Termasuk ikut mendorong wisatawan Malaysia berkunjung ke Sulsel, khususnya Kerajaan Sanrobone," katanya.

Pemprov Sulsel dan Malaysia, sama-sama berkomitmen untuk saling membantu khususnya pengembangan kebudayaan dan pariwisata.

"Kehadiran saya di sini sekaligus mewakili Pemprov Sulsel. Saya juga sudah berkomunikasi dengan Bapak Gubernur Sulsel tentang kegiatan ini," katanya.

Sementara itu, Dato' Ts Dr Mohd Ekhwan, menjelaskan UKM memberikan peran penting dalam mendorong pengembangan budaya dan adat-istiadat, termasuk pelancong (wisatawan) agar dapat berkunjung dan melihat langsung adat-istiadat di Sulsel.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.