Calon Adik Ipar Presiden Jokowi Ini Ternyata Pernah Berakting, Berikut Film yang Pernah Dibintangi Anwar Usman
Anwar Usman (Foto: ANTARA)

MAKASSAR - Nama Anwar Usman mengundang rasa penasaran warganet terhadap sosoknya setelah melamar Idayati. Adik dari Presiden Joko Widodo itu direncanakan akan menikah pada Mei mendatang.

Salah satu Ketua MK dapat dikatakan memiliki mutitalenta. Karena pada masa mudanya, Anwar pernah menjadi guru dan pemain film. Dikutip dari mkri.id, selama jadi mahasiswa antara 1977-1984, Anwar Usman aktif berteater di bawah asuhan Ismail Soebardjo, sutradara senior Tanah Air.

Tak hanya sibuk kuliah dan mengajar, Anwar Usman sempat tercatat sebagai anggota Sanggar Aksara. Dia pun sempat diajak beradu lakon dengan sebuah film yang dibintangi Nungki Kusumastuti, Frans Tumbuhan, dan Rini S Bono besutan sutradara Ismail Soebardjo pada 1980.

Meski menjalani peran kecil, Anwar usman merasa bangga bisa jadi anak buah sutradara sehebat Ismail Soebardjo. Film berjudul Perempuan dalam Pasungan itu jadi Film Terbaik dan mendapat Piala Citra 1981.

Dikritik orangtua

Namun keterlibatan Anwar Usman dalam dunia teater justru mengundang kritik dari kedua orangtuanya di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Apalagi, ada adegan ketika dia berjalan berdua dengan seorang perempuan di Pasar Cikini. Seisi kampung heboh, hingga sang ayah memarahinya.

"Padahal di film itu, saya hanya sebagai penggembira saja."

"Ketika Bapak saya tahu, saya dimarahi. Kata beliau, ‘Katanya ke Jakarta untuk kuliah, ini malah main film’," ujar Anwar Usman.