Penting! Sebelum Membeli Produk Skincare, Kenali Efek Samping Niacinamide
Ilustrasi Niacinamide (Jill Burrow/Pexels)

Makassar--Niacinamide merupakan salah satu kandungan produk skincare yang populer di dunia kecantikan. Bahan ini mempunyai khasiat yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari memudarkan flek hitam, sampai menghilangkan jerawat dan bekasnya yang membandel.

Niacinamide juga dikenal sebagai nicotinamide, salah satu zat turunan dari vitamin B3. Dalam dunia dermatologi, zat ini dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, mencerahkan kulit, serta mengurangi gejala rosacea.

Cara kerja Niacinamide yaitu dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu reaksi peradangan di dalam tubuh. Senyawa ini juga dapat memperlambat proses perpindahan butir pigmen ke dalam sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Selain itu, fungsi lain dari niacinamide yaitu untuk membantu pembentukan protein pada kulit dan memerangkap kelembapan di dalam sel-sel kulit. Dengan demikian, kulit senantiasa terhindar dari kerusakan karena lapisan pelindungnya tetap kuat.

Tetap memiliki efek samping

Pada dasarnya, niacinamide bisa didapatkan dari daging, telur, susu, kacang-kacangan, serta sayuran hijau. Selain itu, niacinamide juga bisa ditemukan dalam suplemen vitamin B kompleks seperti B6, B9, dan B12.

Walaupun relatif aman, niacinamide untuk kulit tetap berpotensi menimbulkan efek samping sehingga harus digunakan sesuai anjuran. Oleh sebab itu, selalu ikuti instruksi yang tercantum dalam label kemasan produk atau arahan dokter spesialis kulit.

Pemakaian produk ini tidak bisa digabung dengan vitamin C, sebab keduanya dapat menghilangkan fungsi satu sama lain. Anda sebaiknya juga menunggu beberapa hari sebelum menggunakan eksfoliator seperti scrub, AHA dan BHA, atau lainnya karena kulit akan lebih tipis setelah eksfoliasi.