IHSG Akhir Pekan Berpeluang Menguat, Saham Indomobil dan Barito Pacific Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat 8 Oktober, diperkirakan berbalik menguat, setelah kemarin ditutup melemah tipis 0,01 persen ke level 6.416.

Menurut analis PT Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus, laju IHSG akan mengalami penguatan seiring dengan upaya menuju target resistance di level 6.458.

"Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat saat ini IHSG memiliki peluang untuk bergerak melemah terbatas, dengan potensi menguat terbatas di akhir perdagangan dan di-trading-kan pada kisaran 6.361-6.458," ujar Nico Demus, dalam risetnya.

Dia menyatakan, konsistensi pergerakan IHSG untuk bertahan di atas level 6.400 akan diuji menjelang akhir pekan ini.

"Namun, kesepakatan plafon utang (kebijakan menaikkan pagu utang Amerika Serikat) dapat memberikan energi baru pada perdagangan hari ini," paparnya.

Dari dalam negeri, kata Nico Demus, investor pasar modal menyoroti raihan Foreign Direct Investment (FDI) sepanjang 2020-2021. Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo menaikkan target Kementerian Investasi/BKPM terkait realisasi investasi asing langsung di 2021 menjadi Rp900 triliun dari Rp858,5 triliun.

Lebih lanjut Nico Demus mengatakan, pergerakan IHSG yang diprediksi menguat pada akhir perdagangan hari ini bisa direspons investor dengan mempertimbangkan akumulasi pembelian saham PT Indomobil Multi Jasa Tbk (IMJS), dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT).