Sepak Terjang Kaesang, dari Penulis hingga Punya Banyak Bisnis dan Bergelimang Uang
Anak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram @kaesangp)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Kaesang Pangarep saat ini namanya tengah menjadi buah bibir netizen Tanah Air terkait kisah cintanya dengan Felicia Tissue. Namun, terlepas dari permasalah yang tengah dihadapinya, ternyata Kaesang memulai kariernya dari seorang penulis hingga sukses menjadi pebisnis muda.

Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana ini aktif menulis blog. Beberapa karyanya sempat mencuri perhatian publik. Salah satunya kala ia mengulas tentang Jokowi yang senang memelihara kodok.

Puncaknya, saat Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Saat itu, segala tindak tanduk Kaesang cukup mendapat perhatian dari publik. Apalagi, Kaesang juga aktif di media sosial Twitter dan dikenal sebagai sosok yang humoris.

Tak hanya itu, Kaesang juga menekuni profesi sebagai Youtuber. Ia mengelola saluran YouTube pribadi yang sudah memiliki 1,1 juta pelanggan. Bahkan, 95 video yang Kaesang unggah telah ditonton 61,72 juta kali, satu video ditonton rata-rata 90,66 ribu kali.

Berdasarkan data analisis Nox Influencer, penonton video Kaesang berasal dari berbagai negara, yakni: Indonesia 52 persen, Malaysia 18 persen, Amerika Serikat 4 persen, India 2 persen, Kenya 2 persen, Denmark 1 persen, Jerman 1 persen, Finlandia 1 persen, Belanda 1 persen, dan lainnya 18 persen.

Kini, pria berusia 26 tahun ini dikenal sebagai pebisnis. Namanya juga telah lama dikenal di dunia bisnis. Bersama sang kakak Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep sudah lama merintis beberapa usaha.

Kaesang menggeluti berbagai usaha kuliner hingga games dan aplikasi. Bahkan, dia cukup sering mempromosikan usahanya di media sosial dan biasanya dengan cara yang unik.

Teranyar, pria kelahiran 25 Desember 1994 itu resmi menjadi pemilik saham mayoritas klub sepak bola Persis Solo. Kaesang memiliki 40 persen saham klub tersebut.

Sementara sisanya, dimiliki pengusaha muda Kevin Nugroho 30 persen, dan Erick Thohir 20 persen dari total 90 persen saham Persis Solo yang ditawarkan. Adapun sisa 10 persen masih untuk 26 klub internal.

Lantas apa saja sih bisnis milik Kaesang Pangarep sehingga dirinya kini bergelimang kekayaan di usia yang masih sangat muda?

1. Sang Javas

Sang Javas didirikan oleh Kaesang pada bulan Agustus 2017. Bisnis Kaesang satu ini menawarkan produk kaus dengan gambar karikatur. Banyak gimmick diberikan, termasuk ilustrasi kaus yang mengusung tema kekinian dan penyebutan para pelanggannya dengan kecebong.

Merek Sang Javas bermakna mendalam, yaitu harapan jualannya cepat laku. Di awal bisnis, Kaesang berhasil menjual 2.000 potong kaus.

2. Sang Pisang

Bisnis pisang nugget yang dirintis Kaesang sejak November 2017 ini berawal dari fakta bahwa buah itu cukup banyak disukai masyarakat. Selain itu, ketersediaannya juga lebih terjamin dibandingkan jenis buah lainnya.

Sang Pisang setidaknya sudah buka di 24 kota di Indonesia dengan total 54 outlet. Pada bulan Oktober 2019, Sang Pisang resmi membuka gerai di Kuala Lumpur, Malaysia. Meski mengandalkan pisang nugget, produk usaha itu juga menghadirkan varian rasa. Bahkan, ada minuman es pisang yang dijual.

3. Hompimpa Games

Bukan hanya bisnis kuliner dan pakaian, Kesang bersama sang kakak Gibran Rakabuming juga melebarkan sayap ke bisnis mainan yang dinamakan Hompimpa Games. Mereka membuka store di Surakarta sekitar bulan November 2017 silam.

Permainan itu dijual di salah satu toko online dengan harga ratusan ribu. Salah satunya permainan yang mengingatkan dengan monopoli, tetapi konsep cerita berbeda.

4. Aplikasi Madhang

Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang pada Desember 2017. Aplikasi ini merupakan platform jual beli khusus masakan khas rumahan. Sayangnya, aplikasi ini sudah tidak tersedia di Play Store dan App Store.

5. Sang Javas-Truz

Kaesang kembali merilis brand baru di bisnis pakaian dengan nama Sang Javaz-Truz. Usaha ini memiliki konsep pakaian untuk para skaters dengan sistem kerja sama dengan brand lokal Truz. Bisnis ini dirintis lewat pembukaan outlet di Solo pada Februari 2018.

6. Ikan Lele

Kaesang Pangarep tengah menjajaki bisnis ikan lele. Hal itu diungkap oleh Presiden Jokowi pada Februari 2019. Kaesang melihat permintaan atas ikan lele sangat besar, sedangkan suplai di pasar masih sedikit.

7. Ternakopi

Masih dalam sektor kuliner, Kaesang juga tidak mau ketinggalan membuka gerai kopi. Ia menjual minuman kopi olahannya dengan nama Ternakopi yang diluncurkan pada April 2019. Bisnis ini dijalankannya bersama dengan sang kaka yakni Gibran Rakabuming.

8. Siapmas

Bersama Gibran Rakabuming, Kaesang membentuk brand Siapmas pada bulan Agustus 2019. Siapmas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, yakni Kemripik, Pik Kripik, dan Ngedrink. Produk-produk ini dipasarkan melalui minimarket ritel.

9. Mangkok Ku

Kaesang juga tak ingin ketinggalan maraknya tren rice bowl. Pada pertengahan 2019, Mangkok Ku diluncurkan. Dalam bisnis ini, Kaesang bersama sang kakak Gibran menggandeng Chef Arnold Poernomo, dan Randy Julius.

Beberapa menu yang ditawarkan antara lain brisket spicy sauce, ox-tongue dabu, dan egg sausage mayo.

10. Yang Ayam

Pada Desember 2019 Kaesang kembali membuka bisnis baru bernama Yang Ayam. Usaha kuliner dengan menu ayam kalasan ini pertama kali didirikan di Tanjung Duren, Jakarta Barat.