Pemprov Sulbar Dukung Citilink Buka Rute Penerbangan Mamuju-Balikpapan
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mendukung langkah maskapai penerbangan PT Citilink yang akan membuka rute penerbangan dari Kota Mamuju Ibu Kota Provinsi Sulbar menuju Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

"Pemprov Sulbar telah bertemu dan bersepakat dengan Direktur Niaga dan Cargo maskapai Citilink Ichwan F Agus, untuk membuka rute penerbangan dari Mamuju menuju Balikpapan dan sebaliknya," kata Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrullah di Mamuju, dikutip dari Antara, Rabu 6 Maret.

Ia mengatakan sejauh ini Bandara Tampapadang Mamuju hanya melayani rute penerbangan menuju Kota Makassar dan sebaliknya.

"Sehingga dengan dibukanya rute penerbangan menuju Balikpapan oleh pihak Citilink, maka aktivitas penerbangan di Bandara Tampapadang Mamuju akan bertambah," katanya.

Ia mengatakan aktivitas penerbangan ke Sulbar melalui Bandara Tampapadang Mamuju mesti ditingkatkan sebagai bagian dari upaya mempersiapkan Sulbar sebagai daerah penyangga ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan.

"PT Citilink adalah sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah dan anak perusahaan Garuda Indonesia, akan sangat membantu aktivitas perekonomian masyarakat, dan Pemprov Sulbar terus berupaya menambah rute penerbangan di Sulbar menyambut IKN," ujarnya.

Zudan mengatakan Pemprov Sulbar juga mendorong berbagai event lokal dan nasional agar semakin banyak orang berkunjung ke Sulbar.

Dengan adanya rute penerbangan Mamuju-Balikpapan tersebut maka akan memudahkan masyarakat Sulbar yang hendak bepergian ke Kalimantan karena tidak lagi ke Makassar terlebih dahulu.

Sementara itu, Direktur Niaga dan Cargo maskapai Citilink Ichwan F Agus mengatakan Citilink membuka rute penerbangan ke Sulbar karena dinilai berpeluang dari aspek pengembangan bisnis.

"Traffic bisnis rute penerbangan, Jakarta-Makassar-Mamuju atau Jakarta-Balikpapan-Mamuju cukup berpeluang sehingga Citilink akan membuka rute penerbangannya," katanya.