Kanwil DJP Jakarta Selatan I Berhasil Lampaui Target Tiga Kali Berturut-turut
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Selatan I berhasil melampaui target penerimaan pajak tahunan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Kepala Kanwil DJP Jakarta Selatan I Dionysius Lucas Hendrawan menyampaikan hasil realisasinya sebesar Rp87,186 Triliun atau 103,67 persen dari target penerimaan pajak tahun 2023 sebesar Rp84,099 triliun.

"Penerimaan tersebut tumbuh sebesar 12,73 persen dibandingkan penerimaan tahun lalu," katanya dalam keterangan resminya, Dikutip Selasa, 16 Januari.

Lucas menambahkan, prestasi ini juga didukung dengan tercapainya target penerimaan pajak oleh seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Selatan I.

Secara nasional, DJP juga telah mencapai target penerimaan pajak untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Sepanjang tahun 2023, DJP membukukan capaian penerimaan nasional sebesar Rp1.869,23 Triliun, setara dengan 102,8 persendari target Perpres 75/2023 yang berjumlah Rp1.818,24 triliun.

Kanwil DJP Jakarta Selatan I merupakan salah satu unit vertikal DJP dengan wilayah kerja di sebagian Wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Adapun wilayah kerja Kanwil DJP Jakarta Selatan I meliputi empat kecamatan dan 26 kelurahan meliputi, Kecamatan Mampang Prapatan (5 kelurahan), Kecamatan Pancoran (6 kelurahan), Kecamatan Setiabudi (8 kelurahan), dan Kecamatan Tebet (7 kelurahan).

Lucas menyampaikan penerimaan pajak Kanwil DJP Jakarta Selatan I tahun 2023 berasal dari beberapa sektor dominan, di antaranya sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor sebesar 26,12 persen, sektor Industri Pengolahan sebesar 12,38 persen, dan sektor Aktivitas Keuangan dan Asuransi sebesar 11,37 persen.

Lucas pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh wajib pajak, pemangku kepentingan, dan para pegawai di lingkungan Kanwil DJP Jakarta Selatan I atas kontribusi dan sinergi dalam pencapaian target penerimaan tahun 2023.

"Berharap prestasi capaian ini dapat menjadi semangat bagi semua pihak untuk berkontribusi kepada negara dengan merealisasikan penerimaan pajak tahun 2024," pungkasnya.