IHSG Jumat Dipengaruhi Sentimen Global, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini Jumat 27 Oktober bakal dipengaruhi sentimen global dan kinerja emiten kuartal III 2023. Ada beberapa saham yang direkomendasikan analis untuk hari ini.

IHSG ditutup melemah 1,75 persen atau 119,86 poin ke level 6.714,51 pada akhir perdagangan Kamis kemarin. Sepanjang perdagangan IHSG sempat menyentuh level terendahnya di 6.704 dan tertinggi di 6.838.

Sebanyak 153 saham terpantau menguat, 397 melemah, dan 200 saham bergerak di tempat. Sementara itu, sepanjang tahun berjalan, indeks komposit juga tercatat melemah 1,99 persen secara year-to-date (ytd) dari posisi awal Januari 2023 di level 6.850,98.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pola pergerakan IHSG di akhir pekan terlihat masih dibayangi oleh pola tekanan yang cukup besar dan support level terdekat kembali diuji kekuatannya. Saat ini, gelombang tekanan terlihat belum akan berakhir sehingga IHSG masih akan cenderung bergerak konsolidatif.

"Pergerakan IHSG hingga saat ini masih ditopang oleh kondisi perekonomian yang masih relatif stabil ditambah dengan musim dividen yang masih berlanjut," ujarnya dalam riset.

Terjadinya koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian untuk saham saham yang memiliki fundamental kuat dengan market cap besar.

William memprediksi IHSG akan bergerak di rentang 6.702-6.899 hari ini. Rekomendasi saham GGRM, BBCA, AALI, SMRA, TBIG, BBNI, ASII.