DRMA Cetak Kenaikan Laba Bersih 2 Kali Lipat di Kuartal III 2023
DRMA cetak kenaikan laba bersih dua kali lipat di kuartal III 2023. (Foto: Aris Nurjani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk sebesar Rp519,4 miliar di kuartal III 2023 atau melonjak 107,8 persen yoy.

Adapun perolehan laba kotor tercatat sebesar Rp770,8 miliar, meningkat 90,8 persen yoy.

Peningkatan perolehan laba secara signifikan ini didukung oleh penjualan komponen otomotif perseroan yang meningkat 59,7 persen yoy menjadi Rp4,3 triliun.

Penjualan DRMA terus bertumbuh seiring keberhasilan perseroan dalam mendapatkan kepercayaan pembuatan komponen dari klien baru.

Presiden Direktur Dharma Polimetal Tbk Irianto Santoso mengatakan, kompetensi DRMA dalam memproduksi komponen otomotif terus meningkat semakin tinggi, terbukti dengan keberhasilan meraih kepercayaan dari klien baru untuk memproduksi komponen otomotif dari kendaraan yang mereka produksi.

Santoso mengatakan, digunakannya komponen-komponen produksi DRMA oleh berbagai perusahaan otomotif besar di dunia menunjukkan standar kualitas komponen yang diproduksi sudah diakui oleh pasar internasional.

"Saat ini kita menikmati buah dari konsistensi DRMA dalam menjaga kualitas produksi ini, yaitu peningkatan penjualan dan laba bersih secara signifikan,” kata Irianto dalam keterangannya, Kamis, 26 Oktober.

Irianto menyampaikan pertumbuhan penjualan yang kuat ini terutama berasal dari penjualan segmen kendaraan roda dua yang tumbuh 53,9 persen yoy menjadi Rp2,2 triliun.

Kemudian penjualan segmen kendaraan roda empat yang tumbuh 78,3 persen yoy menjadi Rp1,4 triliun, dan disusul penjualan segmen lainnya yang terdiri dari fastener, kendaraan roda tiga, dan lainnya yang mencapai Rp610,2 miliar atau tumbuh 44,6 persen yoy.

Irianto menyampaikan keberhasilan meraih kinerja yang bagus ini merupakan hasil kerja keras dan konsistensi perseroan untuk memenuhi pesanan dengan cara yang mengesankan.

"Kami selalu memastikan komponen yang diproduksi DRMA merupakan kualitas terbaik yang selalu dikirimkan tepat waktu, dengan harga yang bersaing,” ucap Irianto.