Punya Potensi Besar, Menhub Budi Karya Sebut Sektor Maritim Bisa Topang Kejayaan Indonesia
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa sektor Maritim Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk dimanfaatkan. Bahkan, menurut dia, juga bisa menjadi penopang kejayaan Indonesia.

Lebih lanjut, Budi mengatakan Indonesia merupakan kawasan kepulauan. Sehingga potensi ini harus dikedepankan, bukan malah diposisikan di belakang.

“Saya sepakat dengan presiden dan gubernur bahwa laut tidak boleh dipunggungi. Kita jadikan halaman depan dan insyaallah bisa bikin kejayaan Indonesia,” katanya pada Perayaan Puncak Hari Maritim Nasional ke 59 Tahun 2023 di Kupang, yang dipantau secara virtual, Kamis, 12 Oktober.

Budi mengatakan tema HMN ke-59 tahun 2023 menggambarkan kesiapan Indonesia membangun kemaritiman Indonesia untuk Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan.

Lebih lanjut, Budi mengatakan Peringatan Hari Maritim Nasional tahun ini mengambil tema “Layar Terkembang Manuju Indonesia Maju”. Tema HMN ke-59 ini juga tergambarkan secara visualisasi melalui Konsep background display kapal-kapal yang memberi nuansa Kemaritiman serta atraksi kapal nelayan hias sebagai bentuk apresiasi nelayan pada peringatan Hari Maritim Nasional.

“Puncak Hari Maritim Nasional ke-59 di Kota Kupang, ini juga menjadi momentum strategis untuk kami sampaikan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Proyek Prioritas Strategis Nasional (Major Project) di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang telah berhasil diselesaikan dan juga ditargetkan selesai di akhir tahun 2023 sampai 2024 sebagai Janji Prioritas Bapak Presiden untuk Provinsi NTT,” ungkapnya.

Budi juga meyakini bahwa perayaan puncak HMN ke-59 di Kupang akan membawa semangat baru bagi masyarakat NTT dalam mengelola potensi maritim yang ada, khususnya dalam mendukung Pembangunan Negara Kepulauan berwawasan Nusantara menuju Indonesia Emas 2045.