6 Tips Promosi Usaha Lewat Pameran, Pelaku UMKM Wajib Nyimak!
Ilustrasi pameran bisnis (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengerek penjualan adalah berpartisipasi dalam pameran bisnis. Dengan mengikuti even tersebut, pelaku UMKM dapat mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan, meningkatkan visibilitas, hingga berinteraksi langsung dengan calon konsumen. Berikut tips promosi usaha lewat pameran yang perlu diketahui  oleh pelaku UMKM.

Tips Promosi Usaha Lewat Pameran

  1. Buat perencanaan yang matang

Sebelum berpatisipasi dalam pameran, buatlah perencanaan yang matang, jauh-jauh hari sebelum acara dimulai.

Ikutilah pameran yang sesuai dengan target pasar Anda. Tentukan tujuan yang jelas, seperti peningkatan penjualan, perluasan jaringan, atau branding.

Selain itu, Anda juga disarankan membuat rincian biaya pameran yang mencakup biaya sewa stan, peralatan, promosi, dan persiapan lainnya.

  1. Buat konten promosi yang menarik dan informatif

Ketika mengikuti pameran, desain stan harus terlihat menarik dan informative. Pastikan bahwa logo dan informasi produk dapat terlihat dengan jelas.

Siapkan materi promosi seperti brosur, kartu nama, dan spanduk yang profesional. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan sampel produk atau demonstrasi langsung jika memungkinkan.

  1. Bikin promosi pra-pameran

Gunakan media sosial dan situs web untuk mengumumkan partisipasi usaha Anda dalam pameran.

Sebar undangan kepada pelanggan yang sudah ada dan potensial untuk mengunjungi stand bisnis Anda. Bila memungkinkan, lakukan wawancara atau rilis pers dengan media lokal.

  1. Pilih lokasi stan yang strategis

Sebelum mengikuti pameran, Anda perlu mengetahui dan menentukan lokasi pameran hingga tempat stan atau booth yang Akan Anda miliki. Pilih lokasi stand yang strategis agar stan Anda mudah dijangkau oleh pengunjung pameran.

Pastikan stan Anda berdiri di tempat yang dekat dengan lalu lalang pengunjung yang menghadiri pameran.

  1. Berinteraksi dengan calon konsumen

Pelajari seni berbicara dengan calon konsumen. Jadilah penjual yang ramah, informatif dan tulus dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh calon konsumen.

Kembangkan elevator pitch, yaitu penjelasan singkat dan kuat untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga perlu secara aktif mendengarkan pelanggan dan memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Lakukan follow up

Sebagai tindak lanjut, kumpulkan informasi kontak dari pengunjung yang menaruh minat pada produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Jangan hanya fokus pada penjualan produk secara langsung saat pameran. Pasalnya, pameran merupakan momen untuk membangun hubungan dan mendapatkan pelanggan yang potensial di masa depan.

Lakukan follow up kepada pelanggan yang sudah berinteraksi dengan bisnis Anda selama pameran. Kirimkan ucapan terima kasih atas kunjungan mereka dan jangan lupa tawarkan promosi khusus.

Demikian informasi tentang tips promosi usaha lewat pameran. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.