Jokowi <i>Happy</i> Inflasi Terkendali hingga Lebih Rendah dari AS
Jokowi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi inflasi Indonesia pada Juli 2023 terkendali di angka 3,08 persen dan tercatat lebih rendah dari inflasi Amerika Serikat.

"Kalau kita bandingkan dengan negara lain, Argentina inflasinya 113 persen. Ini pertumbuhan ekonomi berapa pun tekor. Turki (inflasi) 47 persen, India 7,4 persen. EU 5,3 persen, Amerika 3,2 (persen), kita 3,08 (persen)," kata Jokowi mengutip Antara.

Jokowi menekankan pentingnya mengendalikan inflasi selain meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.

Menurut Jokowi, pengendalian inflasi di Indonesia merupakan kombinasi tidak hanya dari nilai tukar, suku bunga, harga dan ketersediaan barang, namun juga melalui kebijakan moneter dan fiskal yang diambil pemerintah.

Kepala Negara mengakui pemantauan harga komoditas pangan di pasar masih terkendali, kecuali urusan beras.

Hal itu karena sejumlah negara pengekspor beras, seperti India memutuskan untuk tidak melakukan ekspor beras untuk menjaga ketahanan pangan dalam negeri mereka.

"Saya ketemu Menteri Bangladesh, PM India, ya gimana harga beras enggak naik, mereka semua enggak ekspor," katanya.

Dalam Rakornas Pengendalian Inflasi tersebut, Presiden Jokowi pun memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada 15 provinsi, kabupaten dan kota terbaik dalam mengendalikan inflasi.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik tingkat provinsi tahun 2022, yakni Bengkulu, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

TPID Kabupaten/Kota terbaik 2022 diberikan kepada Kota Palembang, Kabupaten Banyuwangi, Kota Tarakan, Kabupaten Bone dan Kota Kupang.

TPID Kabupaten/Kota berprestasi 2022, yakni Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Landak, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Sabu Raijua.