North Fashion Festival 2023 Ajang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Jakut
Foto Dok Pemkot Jakut

Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Parekraf Jakarta Utara menyelenggarakan North Fashion Festival 2023 untuk mendorong keberlangsungan sektor Ekonomi Kreatif serta sebagai usaha mempromosikan berbagai tujuan wisata di wilayah Jakarta Utara.

Bersinergi dengan Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekranasda) Wilayah Kota Jakarta Utara, pelaku UMKM asal Jakarta Utara, BUMD serta sektor swasta, Sudin Parekraf Jakarta Utara menggelar acara yang diisi dengan berbagai kegiatan yang mengangkat sektor fashion dan kerajinan tangan (craft) seperti fashion show, talk show dan edutainment, bazar serta Live Sketch Fashion Design Competition 2023 yang diselenggarakan untuk siswa–siswi SMK jurusan Tata Busana.

Live Sketch Fashion Design Competition 2023 adalah kompetisi membuat sketsa desain pakaian on the spot yang juga ditujukan sebagai ajang unjuk keterampilan membuat rancangan mode. Kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 100 orang siswa–siswi SMK jurusan Tata Busana yang berasal dari SMK Negeri 23 Jakarta Utara dan SMK Negeri 33 Jakarta Utara.

Bertindak sebagai dewan juri dalam kompetisi ini adalah Lenny Agustin, seorang fashion designer yang konsisten mengangkat budaya Indonesia dalam setiap rancangannya, Dewi Juaini, Wakil Ketua Dekranasda Jakarta Utara, serta Sri Sintawati salah satu pendiri Batik Sunter Nirmala, salah satu UMKM unggulan Jakarta Utara.

Para pemenang lomba dinilai mampu menunjukkan bakat dan keterampilan membuat sketsa pakaian secara langsung di lokasi dengan hasil luar biasa.

Dalam laporannya, Kepala Sudin Parekraf Jakarta Utara, Shinta Nindyawati menyampaikan, kegiatan yang melibatkan generasi muda penerus bangsa ini digelar ini masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

“Saya berharap generasi muda Indonesia khususnya di Jakarta Utara tetap terus berkreasi dan semangat berdaya saing di bidang fashion,” tutupnya.

Pada sesi North Fashion Show menampilkan karya luar biasa dari UMKM Jakarta Utara, yakni Batik Marunda, Batik Sunter Nirmala, Batik Koja Authentic, Alda JP Design, dan Morikoe. Acara yang berlangsung meriah ini memang sengaja dirancang untuk menyediakan ruang kreasi dan peluang berkarya serta berdaya saing di bidang ekonomi kreatif.

Suku Dinas Parekraf Jakarta Utara menyelenggarakan North Fashion Festival 2023 untuk mendorong keberlangsungan sektor Ekonomi Kreatif

Wali Kota Jakarta Utara serta jajaran pejabat di lingkungan Jakarta Utara juga berkesempatan hadir mengunjungi setiap tenant untuk melihat langsung produk hasil karya unggulan UMKM binaan Dekranasda Kota Jakarta Utara dan memberikan dukungan kepada para pengusaha.

Rangkaian acara North Fashion Festival ditutup dengan penampilan dari Andien.