IHSG Rabu Diprediksi Terkoreksi, Simak Saham-saham yang Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi terkoreksi pada perdagangan hari ini, Rabu 16 Agustus. IHSG diperkirakan akan diperdagangkan pada resistance 6.950, pivot 6.880, dan support 6.830.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya menjelaskan, IHSG hari ini diperkirakan terkoreksi ke 6.850-6.880 di tengah berbagai sentimen negatif eksternal. Pelemahan signifikan Wall Street diperkirakan berpengaruh secara psikologis.

“Terlebih, besok perdagangan saham di Indonesia libur untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI,” tulis Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas menambahkan, sentimen negatif dari Tiongkok menekan IHSG hari ini. Realisasi investasi aset tetap, produksi industri dan penjualan ritel Tiongkok di Juli 2023 yang berada di bawah ekspektasi.

Dari dalam negeri, Phintraco Sekuritas menyebut, surplus NPI turun ke 1,31 miliar dolar AS di Juli 2023. Penurunan surplus disebabkan oleh penurunan nilai impor (8,32 persen yoy) di Juli 2023 yang lebih kecil dari perkiraan (15,5 persen yoy). Di sisi lain, nilai ekspor turun 18,03 persen yoy, relatif sesuai dengan perkiraan.

“Kondisi ini memperkuat keyakinan bahwa konsumsi domestik masih solid,” tambah Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan tujuh saham pada hari ini. Ketujuh saham tersebut adalah ACES, ERAA, AKRA, EXCL, MEDC, SMRA dan BSDE.