5 Rekomendasi Tempat Jual Beli Emas yang Aman dan Terpercaya
Ilustrasi tempat jual beli emas yang aman (Foto: Pixabay/tassilo111)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Emas merupakan logam mulia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Emas digandrungi karena tak hanya menjadi perhiasan, namun juga pilihan investasi yang menguntungan. Investasi emas bisa dilakukan dengan mudah, terutama bagi Anda yang belum memiliki kemampuan dalam mengelola sejumlah investasi dalam bentuk instrumen lainnya.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli logam mulia ini untuk tujuan investasi, Anda perlu tahu tempat jual beli emas yang aman supaya terhindar dari penipuan investasi emas bodong.

Tempat Jual Beli Emas yang Aman

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 14 Juni 2023, berikut tempat jual beli emas yang aman agar Anda tidak terjerat investasi emas bodong:

  1. Cabang Butik Emas Antam

PT Aneka Tambang (Antam) memiliki butik emas yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Banjarmasin, Medan, Denpasar, dan kota-kota besar lainnya. Dengan mendatangi butik emas Antam, Anda bisa melakukan pembelian dan penjualan emas.

Harga emas Antam yang ditawarkan di setiap cabang atau butik emas Antam di semua daerah sama. Anda yang ingin membeli emas di butik emas Antam diwajibkan untuk membawa KTP dan NPWP (jika ada). Pembayaran untuk pembelian Emas bisa dilakukan melalui transfer bank ke VA (virtual account) yang sudah ditentukan. 

  1. Pegadaian

Pegadaian selain menyediakan layanan keuangan jasa gadai, juga menjadi tempat jual beli emas yang aman.

Melalui Pegadaian, Anda bisa membeli sejumlah emas dalam bentuk tunai atau kredit (melalui program tabungan emas).

Pembelian emas dalam bentuk tunai di Pegadaian dapat dilakukan secara online dan offline. Pegadaian mempunyai outlet Galeri 24, sedangkan untuk Pegadaian yang berbentuk kantor cabang di daerah-daerah biasanya hanya akan melayani pembelian secara kredit.

Selain menyediakan layanan pembelian emas, Pegadaian juga memberikan kemudahan dalam melakukan penjualan terhadap emas yang kamu beli dari mereka. Pegadaian memberikan jaminan harga pembelian kembali atau buyback yang lebih tinggi dari pasaran.

  1. Situs Logam Mulia

Tempat jual beli emas yang aman yang berikutnya yakni melalui situs Logammulia. Di platform ini, Anda bisa membeli emas batangan untuk investasi dengan mudah, aman dan cepat. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan penjualan atau buyback pada website tersebut.

Setelah membeli emas batangan secara online, Anda dapat memilih opsi pengambilan emas langsung di Butik Emas Logam Mulia atau pengiriman oleh perusahaan jasa ekspedisi yang bekerja sama dengan Perusahaan Antam.

  1. Bank Syariah

Selain ketiga tempat di atas, jual beli emas yang aman juga bisa dilakukan di bank syariah. Di sini, Anda bisa melakukan pembelian emas dengan mengikuti prinsip syariah.

Bank syariah bahkan memberikan layanan pembelian kredit yang bisa dicicil setiap bulannya.

  1. Toko Emas

Emas yang dijual di toko emas pada umumnya berbentuk perhiasan. Hal ini membuat harga emas di toko akan lebih mahal, karena membutuhkan sejumlah biaya dalam pembuatan/pengolahannya.

Akan tetapi, ada juga toko emas yang menjual emas batangan untuk investasi. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati, sebab tidak banyak toko emas yang mengeluarkan produk emas batangan logam mulia. Pastikan kamu membeli logam mulia dengan sertifikat dan cek ke-sah-an logam mulianya.

Demikian informasi tentang tempat jual beli emas yang aman. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.