3 Tips Merekrut Karyawan  Usaha Kuliner, Pelaku Bisnis F&B Wajib Nyimak!
Ilustrasi karyawan usaha kuliner (Foto: pedroserapio/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bisnis di bidang food and beverage (F&B) termasuk dalam bisnis yang tidak pernah turun pamor. Hal ini karena makanan adalah kebutuhan pokok yang penting bagi manusia. Itu sebabnya bisnis kuliner tidak pernah kehilangan pasar. Bagi yang ingin menjajal bisnis ini, ada baiknya Anda memperhatikan tips merekrut karyawan usaha kuliner supaya bisnis Anda dapat berjalan dengan optimal.

Tips Merekrut Karyawan Usaha Kuliner

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 24 Mei 2023, berikut tips merekrut karyawan usaha kuliner yang perlu Anda perhatikan:

  1. Pilih yang sesuai dengan standar karyawan rumah makan

Merekrut karyawan untuk usaha kuliner tidak boleh  asal-asalan. Terkait hal ini, terdapat beberapa kriteria standar karyawan rumah makan yang harus dipertimbangkan, antara lain:

  • Rajin: Karyawan yang rajin dan memiliki semangkat kerja yang tinggi akan dapat menyelesaikan tugasnya dalam melayani konsumen dengan baik.
  • Mengutamakan kebersihan: Dalam usaha kuliner, kebersihan menjadi nomor satu, baik dari segi kebersihan lingkungan maupun makanan. Oleh sebab itu, pilihlah karyawan yang memiliki kebersihan yang baik dengan melihat dari penampilannya.
  • Punya passion di bidang F&B: Karyawan yang bekerja sesuai dengan passion-nya akan terhindar dari stres. Selain itu, mereka akan menjalani pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan hasilnya juga akan maksimal.
  • Jujur: Merekrut karyawan yang tidak jujur akan membuat bisnis kuliner Anda mengalami kerugian.Contohnya, saat juru masak belanja bahan-bahan masakan, ia mengambil uang belanjaan sekian rupiah dan membeli bahan masakan dengan harga yang paling murah.
  1. Terapkan sistem training/uji coba

Kendati usaha kuliner yang Anda kelola masih dalam skala kecil, tak ada salahnya untuk menerapkan tahapan uji coba sebelum karyawan tersebut benar-benar resmi diterima. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengevaluasi kinerja serta melihat karakter karyawan tersebut.

  1. Evaluasi kinerja karyawan secara berkala

Sebagai pemilik usaha, Anda tidak boleh lepas tangan begitu saja. Anda punya peranan penting dalam mengelola usaha kuliner. Lakukan evaluasi kinerja karyawan secara berkala agar mengetahui perkembangan rumah makan setiap harinya.

Demikian informasi tentang tips merekrut karyawan usaha kuliner yang wajib diperhatikan para pelaku bisnis F&B. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.

Terkait