Tips Menentukan Produk Potensial yang Bakal Laku Keras di Pasaran
Ilustrasi menentukan produk potensial (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam memulai bisnis, Anda harus menentukan produk atau jasa yang ingin dijual. Namun memilih produk tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Anda perlu tahu tips menentukan produk potensial.

Banyak bisnis yang gagal karena produknya sepi pembeli atau tidak laku di pasaran. Oleh karena itu saat menentukan produk yang ingin dijual, Anda harus melakukan analisa atau riset terlebih dahulu. Cari tahu produk apa yang bakal laris di pasaran. 

Jadi Anda tidak akan mengalami kerugian karena produk hanya teronggok di gudang atau rak penjualan. Lantas bagaimana cara menentukan produk potensial yang akan mendatangkan cuan bagi Anda?

Tips Menentukan Produk Potensial

Saat memilih produk yang ingin dijual, Anda harus mempertimbangkan kemungkinan apakah pelanggan akan tertarik dan membeli produk Anda. Selain itu, banyaknya kompetitor di pasaran juga menentukan peluang terjualnya produk Anda. Berikut ini tips menentukan produk potensial yang bisa Anda terapkan. 

Brainstorming Mencari Inovasi 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menentukan produk yang akan dijual adalah dengan brainstorming. Anda perlu memutar otak untuk menemukan ide-ide kreatif dan inovasi sebuah produk. 

Jika Anda bisa menghadirkan inovasi produk yang berbeda dari kompetitor, maka produk tersebut berkemungkinan besar akan laku di pasaran. Untuk melakukan brainstorming, Anda bisa berdiskusi dengan teman atau keluarga. 

Menghubungkan dengan Minat

Tips lainnya untuk menentukan produk adalah dengan menyesuaikan minat atau hobi Anda. Saat ingin berjualan sebuah produk, Anda dituntut untuk memahami atau menguasai informasi terkait produk tersebut. Proses ini butuh waktu yang cukup lama jika Anda belum mengenal produknya. 

Dengan memilih produk yang sesuai passion atau minat Anda, maka akan lebih mudah saat menjualnya. Bisa dipastikan Anda sudah cukup mengenal dan paham mengenai produk tersebut, sehingga tidak harus memakan waktu lama untuk mempelajarinya. Selain itu, jualan produk yang sesuai minat Anda juga akan membuat Anda tambah bersemangat dalam berbisnis. 

Melihat Tren

Tips terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan saat menentukan produk adalah dengan melihat tren. Dengan memanfaatkan tren terkini, produk Anda berpeluang besar mudah terjual. Sebab para konsumen atau pembeli biasanya akan tertarik membeli produk yang sedang hype atau populer. Anda bisa melakukan riset di media sosial untuk melihat tren apa yang sedang digemari. 

Demikianlah tips menentukan produk potensial yang bakal laku keras di pasaran. Jadi saat ingin menjual produk, jangan memilih secara asal-asalan. Terapkan tips di atas untuk menentukan produk yang akan Anda jual. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.