CSAP, Pengelola Mitra10 dan Atria Ini Raup Pendapatan dan Laba Bersih Tertinggi dalam Lima Tahun Terakhir
Foto: Dok. Catur Sentosa Adiprana

Bagikan:

JAKARTA - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), distributor di bidang bahan bangunan, barang konsumen/FMCG, dan kimia, serta pemilik jaringan ritel modern Bahan Bangunan & Home Improvement Mitra10 dan Home Furnishing Atria, mengumumkan kinerja full year 2022.

Perseroan mencatat laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk (laba bersih) sebesar Rp246 miliar, naik 11,81 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021, yaitu Rp220 miliar. Angka ini merupakan pencapaian tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Pertumbuhan solid dalam kinerja laba bersih tidak terlepas dari pertumbuhan positif pendapatan sepanjang tahun 2022. Pada akhir 2022, CSAP mencapai pendapatan sebesar Rp15,45 triliun, naik 8,51 persen dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya sebesar Rp14,24 triliun.

Andy Totong, Director of CSAP, menjelaskan bahwa perusahaan berkesinambungan untuk meningkatkan kinerja melalui segmen-segmen bisnisnya.

"CSAP berkomiten untuk meningkatkan dan memperkuat segmen distribusi dengan memperluas jaringan distribusi dan menambah produk, dan menerapkan strategi ekspansi agresif untuk segmen ritel modern," kata Andi dalam keterangannya, dikutip Kamis 16 Maret.

Dua segmen bisnis CSAP, yaitu Segmen Distribusi (Bahan Bangunan, Kimia, dan FMCG) dan Segmen Ritel Modern (Bahan Bangunan dan Furnitur), mencatat kinerja positif sepanjang 2022.

Segmen Distribusi mencatat pendapatan sebesar Rp9,58 triliun, naik 4,37 persen YoY dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu sebesar Rp9,18 triliun. Segmen ini memberikan kontribusi 62 persen terhadap pendapatan konsolidasi.

Hal ini didukung oleh jaringan 46 cabang distribusi bahan bangunan di berbagai kota besar di Indonesia, 5 cabang distribusi kimia, dan 38 area distribusi barang konsumen (FMCG). Segmen distribusi telah menjadi tulang punggung atau segmen dengan kontribusi terbesar sejauh ini. Hal ini disebabkan oleh kuatnya jaringan distribusi yang dimiliki perusahaan.

Sementara itu, segmen ritel modern dengan kontribusi 38 persen dari pendapatan perseroan, yang diwakili oleh jaringan ritel Mitra10 untuk bahan bangunan dan Home Improvement dan jaringan ritel moderenHome Furnishing Atria mencatat pendapatan sebesar Rp5,87 triliun, naik 16,01 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp5,06 triliun.

Segmen ritel modern telah dikenal sebagai segmen yang memberikan kontribusi positif dalam hal pertumbuhan. Saat ini, perusahaan memiliki 45 gerai ritel modern Mitra10 dan 19 showroom Atria.

Rantai ritel modern ini tersebar di kota-kota besar di Indonesia seperti Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Tegal Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Pekanbaru, Makassar, Mataram, Balikpapan, dan Banjarmasin.

Di tahun 2023, CSAP berencana mencapai targetnya untuk memiliki 50 gerai Mitra10 dengan rencana membuka 5 gerai superstore Mitra10 baru. Untuk mendukung target ini, perusahaan telah mengalokasikan Rp1,3 triliun untuk belanja modal pada tahun 2023, dengan 15 persen dialokasikan untuk segmen distribusi dan 85 persen untuk segmen ritel modern.