IHSG Selasa Diprediksi Menguat, Ini Sentimen Pendorongnya
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat terbatas untuk perdagangan hari ini, Selasa 30 Agustus setelah kemarin melemah tipis 0,04 persen atau 3,20 poin sehingga parkir di level 7.132,05.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan, IHSG pada perdagangan kemarin ditutup melemah setelah bergerak di area negatif sejak awal perdagangan meskipun berhasil menangkas pelemahan di akhir sesi.

Dennies mengatakan pergerakan indeks hari ini didorong oleh pidato The Fed pada akhir pekan lalu yang mengisyaratkan kenaikan suku bunga masih akan agresif. Adapun pada perdagangan hari ini, Dennies memprediksi IHSG berbalik menguat.

Dia menjelaskan secara teknikal candlestick, IHSG membentuk hanging man mengindikasikan potensi rebound dalam jangka pendek.

"Pergerakan diperkirakan terbatas didorong sentimen kekhawatiran akan suku bunga agresif dari The Fed serta rencana pencabutan subsidi BBM dari dalam negeri," tulisnya dalam riset harian.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa investor juga akan mencermati rilis data manufaktur. Untuk perdagangan hari ini, Artha Sekuritas memperkirakan IHSG bergerak dengan support 7.115 dan 7.095 serta resistance 7.147 dan 7.210.

Adapun sejumlah saham yang dapat dicermati untuk hari ini adalah PT Krakatau Steel Tbk (KRAS), PT Medco Energy Tbk (MEDC), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).