IHSG Awal Pekan Diproyeksi Menguat, Apa Saja Saham yang Direkomendasikan?
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat pada perdagangan hari ini Senin 1 Agustus, setelah akhir pekan lalu ditutup melemah 0,08 persen ke posisi 6.951,12.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan dalam risetnya menjelaskan, IHSG akhir pekan lalu ditutup melemah terbatas pada akhir sesi perdagangan setelah bergerak di area positif sepanjang hari.

"Pelemahan diakibatkan oleh aksi profit taking memanfaatkan penguatan selama seminggu terakhir. Pergerakan masih didorong oleh musim rilis kinerja semester I/2022," jelasnya dalam riset.

Dennies memprediksi IHSG akan menguat hari ini, di mana secara teknikal, candlestick membentuk higher high dan higher low mengindikasikan tren penguatan. Namun, rentang penguatan akan cukup terbatas terlihat dari stochastic yang berada di area overbought sehingga perlu diwaspadai potensi koreksi akibat profit taking dalam jangka pendek.

Di awal pekan investor akan mencermati beberapa data ekonomi seperti data inflasi dan manufaktur. Selanjutnya, Dennies memperkirakan IHSG bergerak pada level support 6.897 dan 6.924 serta resistance 7.005 dan 7.059.

Adapun saham-saham yang direkomendasikan Artha Sekuritas untuk hari ini, di antaranya PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), dan PT Sarana Menara Nusantara (TOWR).