IHSG Hari Ini Mencoba Bertahan di Level 7.000
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini, Rabu 23 Maret, setelah kemarin menembus rekor penutupan tertinggi sepanjang masa di posisi 7.000,82 atau naik 0,66 persen.

IHSG sempat mencatatkan posisi tertinggi pada level 7.003,26. Tercatat, 303 saham menguat, 205 saham melemah dan 175 saham bergerak ditempat. Investor asing mencatatkan aksi net foreign buy Rp771,96 miliar di seluruh pasar.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher Jordan dalam laporannya menjelaskan, IHSG ditutup menguat di level all time high setelah investor merespon perkembangan perang Rusia-Ukraina mengisyaratkan akan ada perundingan untuk perdamaian.

Selain itu, kenaikan harga minyak mentah juga mendorong kenaikan saham di sektor energi. Dennies memprediksi IHSG akan kembali menguat hari ini.

Secara teknikal, pergerakan saat ini masih di trend bullish yang cukup kuat setelah berhasil ditutup di level all time high disertai indikator stochastic yang membentuk golden cross.

"Investor masih akan mencermati perkembangan dari perang Rusia dan Ukraina serta mencermati pidato The Fed terkait kebijakan ekonomi kedepannya," jelas Dennies dalam risetnya.

Selanjutnya, Dennies memperkirakan IHSG bergerak pada level support 6.955 dan 6.977 serta resistance 7.012 dan 7.025. Adapun beberapa saham yang menjadi rekomendasi Dennies untuk perdagangan hari ini adalah PT Astra International Tbk (ASII), PT Erajaya Swasembada Citra Tbk (ERAA), PT Ciputra Development Tbk (CTRA).