Hewan Kurban di Bogor Menurun Dibanding Tahun Lalu
Penjualan Hewan Kurban (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Jumlah hewan kurban di Bogor, Jawa Barat mengalami penurunan 10 persen bila dibandingkan dengan Idul Adha tahun 2019 yang mencapai 3.330 ekor, sedangkan tahun ini hanya 2.953 ekor.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mencatat ada 2.953 hewan kurban di Kabupaten Bogor yang akan disembelih pada Idul Adha 1441 Hijriah," kata Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bogor, Hardi Hendriawan dikutip dari Antara, Kamis 23 Juli.

"Yang dibina dan masuk ke data dinas ada sebanyak 906 hewan kurban jenis kambing, dan 2.047 ekor hewan kurban jenis sapi dan kerbau," tambahnya.

Meski ada penurunan jumlah hewan kurban, kata dia, diharapkan agar pelaksanaan pemotongan hewan kurban tahun ini tidak terkendala apapun, dan para penyembelih hewan kurban dapat mematuhi protokol kesehatan demi pencegahan COVID-19.

"Saya harapkan pelaksanaan Idul Adha tahun 2020 ini aman dan terkendali seperti tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Sementara itu, pandemi COVID-19 ini bukan hanya mengakibatkan menurunnya jumlah hewan kurban yang akan disembelih, melainkan juga menurunnya omset penjualan hewan kurban di pasaran.

Kondisi itu seperti yang dirasakan penjual hewan kurban yang berlokasi di Jalan Alternatif GOR Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Yahya (43).

Menurut Yahya, penjualan hewan kurban di tahun 2020 menjelang Idul Adha 1441 Hijriah turun drastis dibandingkan tahun sebelumnya.

"Saya biasanya pada tanggal-tanggal segini sudah menjual sebanyak 150 ekor hewan kurban, tapi di tahun 2020 ini baru bis men jual sebanyak 90 ekor," katanya.