Serius Perangi Terorisme untuk Kepercayaan Internasional: Taliban Tangkap Puluhan Anggota ISIS, Habisi Pentolan ISKP
Ilustrasi pasukan khusus Taliban Batalion Badri 313. (Twitter/@Badri313Unit1)

Bagikan:

JAKARTA - Klaim Taliban atas jaminan keamanan di Afghanistan sejak mereka mengambil alih Kabul pada 15 Agustus lalu, ternodai dengan serangkaian serangan yang dilakukan oleh afiliasi kelompok ISIS dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam enam minggu sejak Taliban berkuasa, ada laporan ISIS di Provinsi Khorasan, ISKP (ISIS-K), melakukan serangan dan aktivitas di Kota Kabul, Jalalabad dan Mazar-i-Sharif.

Pada malam 26 Agustus, hanya 11 hari setelah pengambilalihan Taliban, ISKP mengaku bertanggung jawab atas pemboman di Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul yang menewaskan lebih dari 180 orang dan melukai ratusan lainnya.

Beberapa serangan telah dilaporkan di Kota Jalalabad, ibu kota Provinsi Nangarhar, dan salah satu target paling umum ISKP. Serangan baru-baru ini, termasuk ledakan IED, menewaskan warga sipil dan mengaku pejuang Taliban.

Dalam pesan Telegram, ISKP mengklaim telah membunuh hingga 35 pejuang Taliban di Jalalabad. Taliban telah membantah penghitungan itu. Setiap contoh ini telah ditanggapi dengan kata-kata kasar dari Taliban, yang terus berjanji untuk membasmi pasukan yang setia kepada ISIL.

Wakil Menteri Informasi dan Kebudayaan Zabihullah Mujahid mengatakan kepada Al Jazeera, Taliban secara aktif memburu mereka yang menabur kekacauan di negara itu.

isis
Ilustrasi ISIS. (Wikimedia/Commons/aharan_kotogo)

Taliban menyalahkan Amerika Serikat (AS) atas kegagalan mencegah serangan bandara, dengan mengatakan itu "terjadi di daerah di mana pasukan AS bertanggung jawab atas keamanan".

Tetapi segera setelah pemboman, keluarga korban mengarahkan kemarahan mereka pada Taliban, yang mereka lihat gagal mencegah salah satu serangan paling mematikan dalam 20 tahun.

"Ini semua salahmu, Anda semua melakukan ini. Anda tidak mengamankan apa pun,” seorang kerabat dari salah satu korban terdengar berteriak kepada pasukan Taliban di rumah sakit darurat yang dikelola Italia di Kabul, mengutip Al Jazeera 27 September.

Kerabat korban yang berbicara dengan Al Jazeera juga mempertanyakan, apakah Taliban dapat menghadapi kelompok yang diketahui telah melakukan serangan yang semakin berani dan berani. Serangan yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Sementara Taliban telah mengambil distrik dari ISKP di masa lalu, menghilangkan musuh lama ini terbukti lebih sulit daripada yang akan dilakukan kelompok itu. Taliban melancarkan tindakan keras terhadap anggota ISKP, dilaporkan menahan setidaknya 80 petempur di Nangarhar, benteng ISIS Khorasan.

Kelompok tersebut juga mengklaim telah membunuh Ziya ul-Haq, juga dikenal sebagai Abu Omar Khorasani, mantan pemimpin ISKP, di penjara Pul-e-Charkhi yang terkenal di Kabul.

Mereka juga disebut membunuh Farooq Bengalzai, seorang pemimpin ISIL dari Pakistan yang dilaporkan tewas saat bepergian di Afghanistan barat daya.

Pada 28 Agustus, Taliban dituduh menangkap Abu Obaidullah Mutawakil, seorang ulama Salafi terkenal, di ibu kota Kabul. Seminggu kemudian, Mutawakil ditemukan tewas.

Taliban membantah terlibat dalam kematian Mutawakil, tetapi itu tidak banyak meredakan kecurigaan. Melanjutkan keraguan itu adalah fakta, dalam beberapa minggu setelah pembunuhan Mutawakil, Taliban juga telah menutup lebih dari tiga lusin masjid Salafi di 16 provinsi berbeda.

taliban
Panglima tentara Taliban Qari Fasihuddin. (Twitter/@Badri_313_Unit)

Ada kekhawatiran bahwa Taliban meminjam dari buku pedoman mantan pemerintah Afghanistan, yang dituduh melakukan penahanan yang tidak sah, pembunuhan di luar proses hukum dan menggunakan label seperti 'Taliban, ISKP dan Al-Qaeda' untuk mengejar elemen yang tidak diinginkan tanpa memberikan bukti.

Wesley Morgan, seorang penulis dan jurnalis yang telah melaporkan secara ekstensif tentang perang AS di Afghanistan mengatakan, ada ketakutan Taliban dapat melabeli berbagai kelompok sebagai Daesh (ISIL) yang tidak dilakukan AS dan penguasa Kabul sebelum mereka.

Taliban, kata Morgan, memiliki ketakutan mendesak lainnya yang seharusnya mendorong mereka untuk bertindak tegas terhadap pasukan ISIS, pembelotan.

"Kepemimpinan Taliban tidak ingin pejuang yang tidak puas atau nakal membelot dengan harapan melihat aksi dengan ISIL," sebut Morgan.

Ada preseden sejarah yang serius untuk ketakutan ini. Salah satu pemimpin pertama pasukan ISKP di provinsi barat daya Helmand dan Farah adalah Mullah Abdul Rauf Khadem.

Sebelum pembelotannya pada tahun 2014, Khadem telah bertugas di pemerintahan Taliban pada 1990-an dan sebagai bagian dari pemberontakan 20 tahun mereka melawan pendudukan AS. Demikian juga, beberapa komandan tinggi Taliban Pakistan berjanji setia kepada ISIL pada tahun 2015.

Morgan, mengatakan, mengalahkan musuh tak terbantahkan Taliban akan terbukti jauh lebih menarik bagi para pejuang, daripada mencoba memutuskan hubungan dengan pasukan Al-Qaeda yang masih ada di Afghanistan.

"Menargetkan al-Qaeda dapat membuat marah sebagian dari pangkalan mereka, tetapi mengalahkan ISIL-K adalah kemenangan yang mudah," tandasnya.

Terlepas dari klaim Taliban kelompok mereka bersatu, penduduk di kota-kota besar di seluruh negeri telah berhadapan langsung dengan pejuang Taliban yang nakal, yang telah berperilaku dengan permusuhan dan agresi yang tampaknya mendustakan janji-janji 'amnesti umum' yang dianut oleh kepemimpinan mereka.

isis
Ilustrasi ISIS Khorasan. (Sumber: futureuae.com)

Penjabat Menteri Pertahanan Mullah Mohammad Yaqoob secara khusus membahas masalah ini dalam pesan audio baru-baru ini, di mana dia berkata, "Ada beberapa orang jahat dan korup yang ingin bergabung dengan kami. Untuk memenuhi kepentingan mereka sendiri atau mencemarkan nama baik kami dan membuat kami terlihat buruk."

Yaqoob mengatakan setiap elemen nakal di antara barisan akan ditangani. Namun, bagi anggota Taliban yang masih merindukan pertempuran dan agresi, ISIL, kelompok bersenjata yang sangat ditakuti yang dikenal di kalangan warga Afghanistan karena kebrutalan dan kekerasannya, mungkin terbukti alternatif yang menarik.

Selain itu, Morgan menyebut kepentingan Taliban untuk mengalahkan pasukan ISIS-K atau ISIS Khorasan, mendapatkan pengakuan internasional.

Ketika pemerintahan Trump menandatangani kesepakatan damai dengan Taliban pada Februari 2020, itu dengan jaminan bahwa Taliban akan memutuskan hubungan dengan kelompok bersenjata lainnya, seperti afiliasi Al-Qaeda dan ISIL, tidak akan mengizinkan kelompok bersenjata lain untuk menggunaka tanah Afghanistan untuk menargetkan AS atau sekutunya.

Sejak mengambil alih Kabul, belum ada pemerintahan asing yang mengakui mereka sebagai pemerintah Afghanistan, termasuk sekutu lama seperti Islamabad dan Teheran. Selain itu, Taliban juga juga perlu untuk memulihkan kembali ekonomi Afghanistan yang terpuruk, ditambah pemutusan hubungan oleh lembaga keuangan global.

Mengalahkan ISKP, kata Morgan adalah kepentingan Taliban dan itu akan menjadi indikasi yang jelas, Taliban juga percaya pada "kontraterorisme.

"Sederhananya, ini adalah cara untuk membangun niat baik internasional," pungkas Morgan.