KKB Kembali Bakar Puskesmas, Sekolah hingga Balai Kampung di Distrik Okhika Pegunungan Bintang Papua
Kabid Humas Polda Papua Ahmad Mustofa Kamal/IST

Bagikan:

JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah. KKB membakar fasilitas publik mulai dari puskesmas, perumahan tenaga kesehatan, sekolah, rumah guru hingga balai kampung Distrik Okhika Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, Polres Pegunungan Bintang pada pukul 13.30 WIT menerima laporan masyarakat soal penyerangan KKB. 

Terjadi pembakaran sejumlah fasilitas pelayanan publik terdiri dari puskesmas, perumahan nakes, sekolah SD dan SMP, rumah guru serta balai kampung yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Mendapati laporan tersebut personel gabungan TNI-Polri dan Satgas Nemangkawi melakukan koordinasi untuk menuju ke TKP (tempat kejadian perkara),” kata Kamal kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 14 September.

Satgas Nemangkawi kini melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

“Kami menyayangkan kejadian ini, fasilitas pelayanan publik yang harus kita jaga bersama demi kemajuan pembangunan dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Aparat Gabungan TNI-Polri akan terus melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang mengganggu stabilitas keamanan di Papua,” sambung Kamal.

Dijelaskan juga lokasi pembakaran oleh KKB sangat jauh dari Jayapura dan bisa ditempuh dengan pesawat selama 1 jam. Hal ini disampaikan terkait gelaran PON XX dalam waktu dekat.

“Sebentar lagi PON XX Papua tahun 2021 akan dilaksanakan, untuk itu mari kita bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif sehingga pelaksanaan PON dapat berjalan dengan aman dan sukses,” katanya.