IHSG Awal Pekan Dibuka Mendekati Level 5.000
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan awal pekan, Senin 6 Juli. IHSG dibuka menguat 0,48 persen atau 23,73 poin ke level 4.997,52.

Membuka perdagangan, 141 saham menguat, 25 saham melemah, 126 saham melemah. Volume perdagangan tercatat 65,67 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp41,64 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gustama mengatakan, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan berbalik melemah, setelah akhir pekan lalu hanya mampu mencatatkan penguatan sebesar 0,14 persen ke level 4.973.

"Secara teknikal, mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG hari ini," jelas Nafan.

Saat ini menurutnya, pergerakan IHSG akan berupaya untuk mempertahankan level support di posisi 4.865, sedangkan target resistance terdekat yang akan digapai berada di posisi 5.097.

Dengan demikian, jelas Nafan, adanya potensi koreksi wajar pada laju IHSG awal pekan ini, investor direkomendasikan untuk mempertimbangkan akumulasi pembelian saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), dan PT Waskita Beton Precast Tbk (WTON).

Pendapat berbeda diungkapkan analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi. Menurutnya, IHSG akan melanjutkan penguatan akhir pekan lalu. IHSG masih dalam track positif pada tren bullish dalam jangka menengah.

"IHSG hari ini berpotensi menguji psikologis level dengan support resistance di angka 4.932-5.078," katanya.

Adapun Lanjar juga merekomendasikan sejumlah saham yang patut menjadi perhatian pada perdagangan hari ini. Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal diantaranya adalah PT Ace Hardware Tbk (ACES), PT Barito Paific Tbk (BRPT), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Japfa Comfeed Tbk (JPFA), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).