Jumlah Korban Tewas Banjir Bandang Akibat Hujan Deras di New York - New Jersey Bertambah Jadi 21 Orang
Ilustrasi banjir. (Unsplash/Chris Gallagher)

Bagikan:

JAKARTA - Banjir bandang menewaskan sedikitnya 26 orang di Timur Laut Amerika Serikat (AS), saat sisa-sisa Badai Ida menyebabkan hujan lebat yang menyapu mobil, merendam jalur kereta bawah tanah New York City dan menghentikan penerbangan maskapai, kata para pejabat, Kamis.

Mayoritas penduduk di New York, New Jersey, Connecticut, dan Pennsylvania, penduduk menghabiskan hari dengan mengatasi ruang bawah tanah yang tergenang air, pemadaman listrik, atap yang rusak, dan permintaan bantuan dari teman dan anggota keluarga yang terdampar oleh banjir.

Setidaknya 12 warga New York City tewas, sementara sembilan lainnya yang tewas berada di kota metropolitan New Jersey. Di antara korban jiwa, tiga orang tewas di ruang bawah tanah di wilayah Queens, New York City, sementara empat warga Elizabeth, New Jersey, tewas di kompleks perumahan umum yang dibanjiri air setinggi 8 kaki.

Jalan raya berubah menjadi aliran deras seperti sungai dalam hitungan menit saat hujan turun pada Rabu malam, menjebak pengemudi di genangan air yang naik dengan cepat. Di Somerset County, New Jersey, setidaknya empat pengendara tewas, kata para pejabat.

"Sayangnya, lebih dari beberapa orang telah meninggal akibat kejadian ini," kata Gubernur New Jersey Phil Murphy dalam sebuah pengarahan di Mullica Hill di bagian selatan negara bagian itu, di mana tornado menghancurkan beberapa rumah, mengutip Reuters Jumat 3 September.

Kerusakan terjadi tiga hari setelah Badai Ida, salah satu badai paling kuat yang pernah menyerang Pantai Teluk Amerika Serikat pada Hari Minggu di Louisiana, menghancurkan seluruh komunitas. Sembilang orang terkonfirmasi tewas di Louisiana.

Di Conshohocken, di luar Philadelphia, luapan Sungai Schuylkill menggenangi hotel, gudang, dan kondominium yang berjajar di sepanjang sungai. Pasukan darurat sedang menunggu air surut pada Kamis sebelum memulai evakuasi kemungkinan ratusan orang yang tinggal di apartemen terdekat, kata para pejabat.

Empat orang tewas di pinggiran kota Philadelphia akibat badai, menurut juru bicara daerah Kelly Cofrancisco. Dan seorang polisi negara bagian Connecticut tewas setelah kapal penjelajahnya tersapu banjir di Kota Woodbury Kamis pagi, kata polisi negara bagian.

Rekaman video di Weather Channel menunjukkan api mengepul dari sebuah rumah di kota tepi sungai Manville, New Jersey, di mana banjir menghalangi akses truk pemadam kebakaran. Rumah di sebelah tampaknya telah terbakar sampai ke garis air di jalan di mana mobil-mobil yang diparkir terendam.

Sisa-sisa Ida membawa 6 hingga 8 inci (15 hingga 20 cm) hujan deras ke petak Timur Laut dari Philadelphia ke Connecticut dan menetapkan rekor curah hujan per jam sebesar 3,15 inci untuk Manhattan menurut Layanan Cuaca Nasional.

Sementara, curah hujan setinggi 7,13 inci yang turun di New York City pada Hari Rabu adalah jumlah harian tertinggi kelima di kota itu. Pejabat New York menyalahkan banyak banjir pada volume tinggi curah hujan dalam rentang waktu singkat, daripada total harian, yang berada dalam prediksi.

"Karena perubahan iklim, sayangnya, ini adalah sesuatu yang harus kita tangani secara teratur," tutur Kathy Hochul, gubernur New York yang baru dilantik.

Terpisah, Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis mengatakan pemerintah federal siap memberikan semua bantuan yang diperlukan. 

Gubernur New York dan New Jersey, yang mengumumkan keadaan darurat di negara bagian mereka pada Hari Rabu, mendesak penduduk untuk tinggal di rumah ketika kru bekerja untuk membersihkan jalan raya, memulihkan layanan ke kereta bawah tanah dan jalur kereta komuter yang melayani jutaan penduduk.

Layanan kereta bawah tanah di New York City tetap 'sangat terbatas' dan kemungkinan tidak akan pulih hingga hari ini, kata pejabat transit. Layanan kereta komuter ke pinggiran utara kota, sebagian besar jalur kereta New Jersey Transit dan layanan penumpang Amtrak antara Philadelphia dan Boston dibatalkan. Sekitar 370 penerbangan dibatalkan di Bandara Newark Liberty New Jersey.

Untuk diketahui, hampir 170.000 pelanggan listrik mengalami pemadaman pada hari Kamis di empat negara bagian timur laut yang dilanda hujan deras, sebagian besar di Pennsylvania dan New Jersey, menurut PowerOutage.US, yang mengumpulkan data dari perusahaan utilitas.