Panglima TNI Perintahkan Kirim Bantuan Alkes Yayasan Budha Tzu Chi ke Sumatera
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memerintahkan jajarannya untuk mengirimkan bantuan alat kesehatan dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia ke Sumatera melalui Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma.

"Pengiriman bantuan menggunakan satu pesawat transport C-130 Hercules TNI AU yang lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur hari ini," kata Kabidpenum Puspen TNI Edys Riyanto dikutip dari Antara, Selasa, 10 Agustus. 

Pesawat transport C-130 Hercules yang menerbangkan bahan bantuan itu dipimpin pilot Mayor Penerbang Aleg Chandra dari Skuadron Udara 31 yang berpangkalan di pangkalan udara itu. 

C-130 Hercules dari Skuadron Udara TNI AU 31 itu membawa 175 koli bantuan alat kesehatan terdiri dari konsentrator oksigen dan selang nasal cannula untuk Padang dan Medan.

Menurut dia, 50 alat konsentrator oksigen dan 1.000 unit selang nasal cannula dikirim ke Pangkalan Udara TNI AU Sutan Sjahrir di Padang, Sumatera Barat, sementara 100 alat konsentrator oksigen dan 2.000 unit selang nasal cannula dikirim ke Pangkalan Udara TNI AU Suwondo di Medan, Sumatera Utara.

Sebelumnya, Senin kemarin, TNI juga menerbangkan bantuan serupa memakai C-130 Hercules untuk Provinsi Bangka Belitung.