Kontak Senjata dengan Tim Gabungan TNI-Polri, Anggota KKB Sapikul Tertembak
Aparat gabungan TNI-Polri saat melakukan penyisiran KKB di sekitaran Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak/Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Kontak senjata kembali terjadi antara tim gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di sekitar Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Senin, 7 Juni. Satu anggota KKB dilumpuhkan.

"Satu orang (anggota KKB) bersembunyi di samping rumah sedang memegang senjata api dan personil Satgas Nemangkawi melakukan penembakan," ucap Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudusy dalam keterangannya, Selasa, 8 Juni.

Berdasarkan informasi, anggota KKB yang ditembak itu bernama Sapikul. Namun, belum ada keterangan lebih lanjut perihal anggota KKB itu berhasil diamankan atau tidak.

Bermula Ketika TNI-Polri Gelar Patroli

Lebih jauh, Iqbal juga menyebut kontak senjata itu bermula ketika aparat TNI-Polri menggelar patroli karena mendengar suara tembakan.

Saat itulah, KKB pimpinan Lekagak Telenggen menembaki tim gabungan TNI-Polri. Hingga akhirnya terjadi kontak senjata.

"Kelompok teroris Lekagak Telenggen terus menembaki ke arah aparat dari arah Honei namun aparat tetap tidak bergeser dan terus menyisir ke arah Kelompok teroris di ketinggian," ungkap Iqbal.

Setelah kontak senjata usai, diketahui juga KKB sempat membakar rumah. Hanya saja, belum bisa dipastikan jumlah rumah yang dibakar atau total kerugian yang diakibatkan aksi dari KKB.

"Untuk kerugian material yaitu terdata, beberapa rumah dibakar oleh KKB di sekitar koordinat dekat wilayah kontak tembak," tandas dia. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!